Bola Internasional

Gara-gara Suporter Vietnam, PSSI Didenda AFC

Jumat, 12 Oktober 2018 20:22 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© thanhnien.vn
Suporter Vietnam menyalakan flare dalam perhelatan semifinal Asian Games 2018 di Indonesia. Copyright: © thanhnien.vn
Suporter Vietnam menyalakan flare dalam perhelatan semifinal Asian Games 2018 di Indonesia.

INDOSPORT.COM - Asian Games 2018 cabang sepak bola telah berakhir dengan Korea Selatan telah keluar sebagai pemenangnya pada akhir Agustus 2018 lalu. Meski sudah usai, pertandingan semi final antara Korea Selatan vs Vietnam menyisakan kabar tidak sedap bagi kubu Federasi Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Pasalnya, PSSI resmi mendapatkan sanksi dari Federasi Sepak Bola Asia (AFC) akibat kelalaian dalam menggelar pertandingan semi final cabang sepak bola Asian Games 2018 itu. Denda sebesar 6.250 dollar AS (atau sekitar 95 juta rupiah) terpaksa harus diterima oleh Indonesia.

Indonesia dianggap lalai karena pada pertandingan tersebut, setelah ada penyalaan flare yang dilakukan oleh suporter Vietnam ketika menyaksikan pertandingan yang berakhir dengan kemenangan Korea Selatan dengan skor 3-1.

Kejadian yang berlansung di Stadion Pakansari, Bogor itu terjadi pada menit ke-66 dan 70 dimana penyalaan flare itu dilarang dalam sebuah pertandingan sepak bola. Penyalaan flare adalah sebuah pelanggaran dalam aturan disiplin dan kode etik AFC pasal 64.

“Tergugat (PSSI) gagal memenuhi kewajibannya untuk mengambil tindakan pencegahan keselamatan yang diminta sebelum, selama, dan setelah pertandingan. Gagal mengawasi stadion dan sekitarnya hingga ada penyalaan flare,” pernyataan komisi disiplin AFC, seperti yang dilansir dari situs berita olahraga FourFourTwo.

Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) juga terkena imbas dari ulah suporternya dengan denda dua kali lipat dengan yang diterima oleh Indonesia. VFF dianggap tidak mampu mengatur fansnya untuk tidak memainkan flare ketika pertandingan.

Indonesia sendiri yang dilatih oleh Luis Milla hanya bertahan di babak 16 besar oleh Uni Emirat Arab lewat drama adu penalti. Timnas Indonesia U-23 kala itu gagal memenuhi ekspektasi masuk semi final Asian Games 2018.

Sementara itu, Vietnam berhasil melaju hingga babak semi final sebelum disingkirkan Korea Selatan yang akhirnya pulang membawa medali emas. Vietnam suskses menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara di babak semifinal Asian Games 2018

Terus Ikuti Perkembangan Timnas Indonesia dan Berita Sepak Bola Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM
 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%