Bola Internasional

Ludahi Rival, Pemain Ini Dikeluarkan dari Timnas Belanda

Senin, 15 Oktober 2018 21:09 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Teze meludahi kapten Timnas Jerman sehingga membuatnya mendapatkan hukuman berat Copyright: © Getty Images
Teze meludahi kapten Timnas Jerman sehingga membuatnya mendapatkan hukuman berat

INDOSPORT.COM – Pemain Timnas Belanda, Jordan Teze, dijatuhi hukuman berat setelah meludahi kapten Jerman, Salih Ozcan, di laga antara Timnas Belanda U-20 vs Jerman U-20 pada akhir pekan lalu.

Pemain berusia 19 tahu ini melakukan tindakan tak terpuji setelah pertandingan kedua tim selesai. Ia nampak kesal dengan permainan Ozcan yang kerap melakukan provokasi kepada dirinya.

Bintang muda yang dirasa masih ‘labil’ dan belum bisa mengendalikan emosinya itu berjalan melewati rivalnya yang sedang berbincang dan kemudian meludahinya dari belakang.

Aksi memalukannya itu pun mendapatkan respons teguran keras dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB). Mereka memberikan sanksi berat dengan mengeluarkan Teze dari tim U-20 di beberapa pertandingan karena dianggap tidak menghargai lawannya.

Sang pelatih, Bert Konterman, memberikan pernyataan maaf atas aksi yang di lakukan oleh Teze yang terekam dalam sebuah video dan langsung menjadi viral di sosial media.

“Banyak hal telah terjadi berulang kali dan ada tindakan meludah, hal ini tak boleh terjadi lagi. Baik kami dan tim kami, Jordan sendiri, berpikir bahwa ini bukan milik di lapangan sepak bola dan tentu saja bukan milik pemain yang bermain untuk negaranya," ujar Konterman, dilansir dari Sun Sports.

PSV Eindhoven merupakan klub yang dibela Teze mendukung keputusan KNVB dengan memberikan pernyataan bahwa mereka juga mengecam keras perlakuan tak sopan penggawanya.

Sebagai informasi, di Belanda pemain yang melakukan aksi tak menyenangkan akan diberi sanksi dilarang bermain di 5-6 pertandingan maka Teze juga akan terancam mendapatkan hukuman yang serupa.

Peristiwa ini mengingatkan kita pada kontroversi Piala Dunia 1990 di partai yang sama ketika Frank Rijkaard meludahi Rudi Voller. Frank yang kesal terhadap kepiawaian Voller meludahi pemain Jerman Barat tersebut sebanyak dua kali sehingga membuat dirinya harus dijatuhi hukuman kartu merah.

Terus Ikuti Berita  Sepak Bola Internasional  Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.