Liga Indonesia

Pelatih Keturunan Jerman Puji Liga Usia Muda PSSI

Senin, 15 Oktober 2018 21:25 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© media Persija
Pembukaan Liga 1 U16. Copyright: © media Persija
Pembukaan Liga 1 U16.

INDOSPORT.COM – Pelatih keturunan Jerman, Timo Scheunemann, memuji keberadaan kompetisi sepak bola Indonesia usia muda, Liga 1 U-16, yang baru saja dihelat oleh PSSI.

PSSI untuk pertama kalinya menyelenggarakan kompetisi level U-16 sebagai ajang untuk para Elite Pro Academy Liga 1. Liga tersebut dimulai 15 September lalu.

Timo sempat menyaksikan laga Liga 1 U-16 antara Bhayangkara FC U-16 vs PSMS Medan U-16 (13/10/18) sore. Ia mengaku terkesan dengan sistem baru yang dibangun oleh PSSI terkait kompetisi pembinaan usia muda.

"Menyempatkan nonton U-16 Bhayangkara FC vs PSMS di Surabaya sore tadi. Big day for me. Sudah 20 tahun mengotbahkan hal ini (tim pro punya akademi) akhirnya terwujud,” tulis Timo, yang pernah melatih Persiba Balikpapan melalui akun Twitter pribadinya.

“Sistem kompetisinya 18 tim dibagi 3 wilayah. Menarik. Setiap tandang selalu 2 hari berturut-turut main. Jadi besok Bhayangkara FC akan main lagi vs PSMS di tempat yang sama. Menarik bahwa tim pro dipaksa punya akademi U-16 dan U-19. Kalau tidak, klub akan dipotong uang tv mereka. Good job PSSI! Dalam hal ini ketegasan Pak Edy Rahmayadi patut dipuji.”

Kompetisi Liga 1 U-16 dapat menjadi tonggak awal untuk pembinaan usia muda sepak bola Indonesia. Sebelumnya, kompetisi usia muda di tanah air hanya sampai jenjang U-19.

Kompetisi ini tidak hanya berguna bagi PSSI. Pihak klub juga dapat memperoleh keuntungan untuk mempersiapkan pemain-pemain masa depan mereka.

Ikuti Terus Update Liga Indonesia dan Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM