Liga Indonesia

Sikap Dewasa Bonek Usai Persebaya Surabaya Kalah dari Borneo FC

Senin, 15 Oktober 2018 02:30 WIB
Penulis: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Koreo kreatif yang ditampilkan Bonek Kidul saat mendukung Persebaya vs Borneo FC. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Koreo kreatif yang ditampilkan Bonek Kidul saat mendukung Persebaya vs Borneo FC.

INDOSPORT.COM - Pemandangan berbeda terjadi ketika laga Persebaya Surabaya vs Borneo FC pada pekan ke-25 Liga 1 2018 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Sabtu (13/10/18) kemarin.

Usai laga Persebaya Surabaya vs Borneo FC, ribuan Bonek tampak membubarkan diri pulang ke rumah masing-masing dengan tertib meskipun tim kebanggaannya kalah tipis 0-1.

Ya meskipun ada satu, dua orang dari Bonek yang meninggalkan stadion dengan menggerutu namun sebagian dari mereka tetap menunjukkan sikap tertib dan dewasa.

Pemandangan ini kontras saat Persebaya Surabaya menjamu Persib Bandung pada Kamis (26/7/18) kemarin, saat itu Bajul Ijo kalah 3-4 menghadapi Maung Bandung.

Usai kekalahan itu lemparan botol terlihat berterbangan dari tribun ke arah lapangan. Tak cukup dengan lemparan botol, pada laga saat itu tampak pula beberapa flare yang dinyalakan oleh sejumlah Bonek pada beberapa sudut Stadion GBT.

Salah satu pentolan Bonek Tulus Budi mengatakan, jika sikap yang dilakukan oleh Bonek pada laga Persebaya Surabaya vs Borneo FC kemarin merupakan langkah awal mereka untuk berubah menjadi lebih baik lagi.

“Alhamdulillah hal-hal buruk tidak terjadi di GBT saat Persebaya Surabaya kalah kemarin. Semua ini adalah hasil kerja keras semua pihak,” katanya.

© Fitra Herdian/INDOSPORT
Bonek dan Pusamania berbaur dalam satu tribun saat laga Persebaya Surabaya vs Borneo FC. Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORTBonek dan Pusamania berbaur dalam satu tribun saat laga Persebaya Surabaya vs Borneo FC.

Lanjut Cak Tulus sapaan akrabnya, dia mengatakan lebih baik Bonek bernyanyi untuk membakar semangat para pemain Bajul Ijo ketimbang melempar botol atau menyalakan flare ke arah lapangan, menurutnya hal ini jauh lebih positif.

“Sekarang bagaimana kita mendukung Persebaya Surabaya dengan cara yang bermartabat. Kita juga tidak kenal lelah untuk terus mengedukasi semua Bonek,” ungkapnya.

“Memang kemarin kita kalah dan kecewa, tapi kita tutup rasa kecewa kita itu dengan cara bernyanyi sepanjang pertandingan berlangsung. Selain itu kita harus terus belajar untuk menerima pahitnya kekalahan untuk terus memberikan dukungan kepada Persebaya,” sambung Cak Tulus.

Nah, sikap kedewasaan yang mulai ditunjukkan oleh Bonek itu ternyata memberikan kesan kepada penjaga gawang Borneo FC, Nadeo Arga Winata.

Bahkan dia sempat melambaikan kepada Bonek, dengan mengatakan, “saya respek melihat mereka, Bonek merupakan salah satu suporter yang saya suka."

Ikuti Terus Berita Liga 1 2018 dan Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

59