Bola Internasional

Dinilai Tumpul, Indra Bela Striker Timnas Indonesia U-19

Jumat, 19 Oktober 2018 16:10 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Indra Sjafri, pelatih Timnas Indonesia U-19. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Indra Sjafri, pelatih Timnas Indonesia U-19.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri membela penampilan lini depannya. Bagi Indra seorang striker tak hanya bertugas mencetak gol.

Kritikan memang datang para striker Timnas Indonesia U-19. Para bomber Garuda Nusantara dinilai tumpul di lini depan.

Lini depan yang digawangi Rafli Mursalim dan Hanis Sagara belum juga mencetak gol. Bahkan dalam kemenangan di 3-1 atas Chinese Taipei di laga perdana Grup A Piala Asia U-19 2018, Kamis (18/10/18) semalam, tiga gol yang dicetak Timnas Indonesia tak ada dari kaki striker.

Rafli Mursalim diturunkan sejak awal. Ia menjadi senjata selama 73 menit sebelum digantikan Todd Rivaldo Ferre sehingga mendorong Egy Maulana Vikri lebih ke depan.

Selama 73 menit, Rafli tak satu mencetak gol untuk skuat Garuda. Ketiga gol kemenangan 3-1 dibuat oleh Egy Maulana Vikri pada ke-50 dan Witan Sulaeman pada menit ke-70 dan 89.

Terkait penampilan ini, Indra pun memberi penilaian. Mantan pelatih Bali United itu mengatakan lini serangnya punya manfaat lain selain mencetak gol.

"Menurut saya striker tugasnya tidak hanya cetak gol, tapi buka ruang, itu sama nilainya," kata Indra Sjafri.

"Kualitas dua striker (termasuk Hanis Saghara) yang ada, saya yakin sekali, dari hari ke hari, dari pertandingan ke pertandingan makin bisa lebih baik."

Indra Sjafri juga menjelaskan bahwa Rafli tidak bermain jelek saat melawan Taiwan dan ia membantah bahwa ia digantikan karena buntut dari kekecewaan atas performanya.

"Ada progres yang lebih baik. Sampai saya mengganti Rafli, dalam turnamen kami harus melakukan pengaturan taktikal untuk jangan terlalu bisa calon lawan memikirkan strategi yang tepat," sambung Indra Sjafri.

Perlu diketahui, kemenangan atas Taipei, membawa Timnas U-19 berada di puncak klasemen sementara Grup A.

Meski mengoleksi poin yang sama dengan Uni Emirat Arab (3 poin), tuan rumah berhak di urutan atas karena unggul dalam selisih gol.

Terus Ikuti Update Piala Asia U-19 2018 dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
100%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%