Liga Inggris

Rooney Bocorkan Sosok 'Penguasa' di Ruang Ganti Man United

Jumat, 19 Oktober 2018 20:09 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Wayne Rooney saat masih membela Manchester United. Copyright: © Getty Images
Wayne Rooney saat masih membela Manchester United.

INDOSPORT.COM - Mantan pemain Manchester United yang kini merantau ke Major League Soccer (MLS), Wayne Rooney, membocorkan siapa saja pemain yang kerap menjadi ‘pemimpin’ di ruang ganti mantan klubnya tersebut.

Bermain di salah satu era emas Setan Merah yang bertabur megabintang, Rooney mengatakan bahwa pada saat itu ia tidak akan membiarkan satu pun pemain merasa superior ketimbang pemain lainnya.

Sebagai tim sepak bola yang bermain kolektif, ia tentunya ingin memastikan rekan-rekannya lebih memprioritaskan kepentingan bersama di atas segalanya. Hal tersebut disampaikannya saat sesi wawancara bersama media berita sports Men in Blazers TV.

“Itu tidak boleh terjadi,” kata Rooney ketika ditanya soal kemungkinan seorang pemain menjadi egois karena statusnya.

Meski memiliki kapten yang bertugas memimpin dan mengatur skuat, Rooney mengatakan bahwa ada kebiasaan tidak tertulis yang mana mengizinkan sejumlah pemain ‘berkuasa’ di ruang ganti. Bukan berkuasa dalam arti sebenarnya, melainkan menjadi penengah jika ada pemain ingin membelot dan tidak kompak.

Untuk mampu menghadapi berbagai situasi di ruang ganti, tentunya para pemain ini harus memiliki kualitas kepemimpinan yang mumpun pula. Siapa saja mereka?

Ryan Giggs, Gary Neville, Paul Scholes, Rio Ferdinand, dan saya sendiri. Kami para pemain yang menanamkan jiwa Manchester United ke rekan-rekan kami dan menginginkan yang terbaik bagi klub. Kami tidak akan membiarkan siapa pun merusaknya,” kata Rooney tegas.

“Kami mengontrol ruang ganti secara mandiri. Alex Ferguson tidak perlu sampai turun tangan untuk hal itu. Para pemain juga dipercaya pelatih untuk melakukannya sendiri,” tambahnya.

Sekadar informasi, kondisi Manchester United saat ini bisa dikatakan tidak terlalu baik. Dalam lima pertandingan terakhirnya, Paul Pogba dan kolega hanya bisa meraih satu kemenangan, dua hasil imbang, dan dua kekalahan.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM