Bola Internasional

Jelang Indonesia U-19 vs Jepang U-19, Ini Wejangan dari Eks Mesin Gol Tanah Air

Sabtu, 27 Oktober 2018 18:30 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Yohanes Ishak
© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Ricky Yacob beri dukungan untuk Timnas Indonesia U-19 yang akan menghadapi Jepang besok di Piala Asia U-19 2018 Copyright: © Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Ricky Yacob beri dukungan untuk Timnas Indonesia U-19 yang akan menghadapi Jepang besok di Piala Asia U-19 2018

INDOSPORT.COM - Jadwal pertandingan Piala Asia U-19 2018 babak perempat final menyajikan antara Timnas Indonesia U-19 vs Jepang U-19 yang akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno pada hari Minggu (27/10/18) besok.

Hal ini merupakan prestasi gemilang bagi Timnas Indonesia U-19. Karena sejak 40 tahun yang lalu atau tepatnya pada 1978, Timnas Indonesia belum pernah lolos lagi ke babak perempat final di kancah Piala Asia. Bertemu Jepang di perempat final merupakan laga yang mendebarkan bagi seluruh masyarakat Indonesia. 

Jika tim besutan Indra Sjafri ini berhasil mengalahkan Jepang pada laga ini, maka Timnas Indonesia akan berkesempatan melaju ke Piala Dunia 2019.

Hal ini disambut baik oleh mantan mesin gol Indonesia yang namanya tentu tidak asing bagi para pencinta sepak bola di era 1980 sampai 90-an, yakni Ricky Yacob.

Melihat prestasi para penerusnya, Ricky merasa ini merupakan perkembangan yang positif bagi persepakbolaan Indonesia, khususnya di usia muda. Secara eksklusif, kepada INDOSPORT, Ricky menanggapi kabar baik ini. 

"Mereka berhasil lolos (babak perempatfinal) adalah satu hal yang baik," ujarnya, "mereka adalah tim yang sangat termotivasi oleh kemenangan, terlihat sekali perjuangannya," tambahnya. 

Menurutnya, faktor pembinaan jangka panjang oleh pelatih Indra Sjafri merupakan salah satu faktor utama Timnas Indonesia U-19 sampai ke titik ini. 

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain Timnas tengah melatih untuk merebut bola dari lawan. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPemain Timnas tengah melatih untuk merebut bola dari lawan.

"Indra Sjafri mampu membawa tim untuk bersatu," komentar Ricky terhadap Indra Sjafri. 

Melihat banyaknya tekanan Timnas Indonesia U-19 yang akan melawan Jepang, Ricky mempunyai pendapat yang sedikit berbeda. 

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas indonesia U-19 jelang melawan UEA U-19. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTTimnas indonesia U-19 jelang melawan UEA U-19.

"Menurut sejarah, kita memang bisa melihat perbandingannya, namun, apapun bisa terjadi di lapangan," ucapnya, "Kita harus tetap datang dan dukung Indonesia," imbuhnya. 

Selain merasa optimis Indonesia bisa, Ricky juga menyampaikan pesan mendalam untuk Garuda Nusantara. 

"Pesan saya untuk mereka, jangan pernah merasa terbebani oleh apapun, semua bisa terjadi, cukup tampilkan yang terbaik," tuturnya.

Ikuti terus berita Piala Asia U-19 2018 di INDOSPORT.COM