Bola Internasional

Tanpa Ronaldo, Ternyata Real Madrid Lebih Perkasa di El Clasico

Sabtu, 27 Oktober 2018 16:00 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© INDOSPORT
Ekspresi Ronaldo pasca gagal mencetak gol ke gawang Barcelona. Copyright: © INDOSPORT
Ekspresi Ronaldo pasca gagal mencetak gol ke gawang Barcelona.

INDOSPORT.COM - Real Madrid akan menjalani pertandingan berat bertajuk El Clasico pada pekan ke-10 La Liga Spanyol pada musim ini. Sesuai jadwal pertandingan, laga Barcelona vs Real Madrid ini akan berlangsung pada Minggu (28/10/18).

Namun ada sesuatu yang berbeda pada pertandingan El Clasico pada musim 2018/19 ini. Karena pecinta sepak bola dunia tak bisa lagi menyaksikan kehebatan Cristiano Ronaldo dalam laga Barcelona vs Real Madrid.

Itu terjadi ketika Ronaldo memutuskan untuk hijrah ke Serie A Italia pada bursa transfer musim panas lalu. Mantan pemain Manchester United tersebut pun memilih Juventus sebagai pelabuhan barunya.

Kehilangan sosok Ronaldo nampaknya memberikan kerugian kepada Real Madrid. Hal itu terbukti ketika mereka mencatatkan rekor buruk sepanjang sejarah karena tak bisa mencetak gol lebih dari 300 menit.

Meski begitu, ternyata Real Madrid memiliki catatan yang lebih baik ketika memainkan pertandingan El Clasico tanpa hadirnya Ronaldo. Karena setiap kali Ronaldo absen, Real Madrid selalu menang di laga kontra Barcelona.

Terhitung, Ronaldo hanya absen dalam dua kesempatan di pertandingan Barcelona vs Real Madrid. Dua pertandingan tersebut terjadi pada final Copa del Rey 2014 dan leg kedua Piala Super Spanyol 2017 lalu.