Bola Internasional

Demi Lolos ke Piala Dunia, Milan Minta Timnas Indonesia U-19 Tiru Slovenia

Minggu, 28 Oktober 2018 13:38 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Para pemain Timnas Indonesia U-19 merayakan gol yang diciptakan Witan Sulaeman ke gawang UEA U-19 Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Para pemain Timnas Indonesia U-19 merayakan gol yang diciptakan Witan Sulaeman ke gawang UEA U-19

INDOSPORT.COM - Perhatian pelatih Arema FC, Milan Petrovic ternyata begitu besar terhadap perkembangan sepak bola tanah air. Termasuk kepada kiprah Timnas Indonesia U-19 yang sedang berjuang di Piala AFC U-19 dan tinggal membutuhkan satu kemenangan lagi untuk lolos ke Piala Dunia U-20 di Polandia tahun 2019.

Milan pun menyebut, kesuksesan Timnas Slovenia yang menciptakan sejarah besar dengan lolos ke Piala Dunia 2002 dan 2010 bisa menjadi inspirasi. 

Berangkat dari negara yang baru merdeka pada tahun 1991, Slovenia awalnya dipandang sebagai kekuatan baru di sepak bola Eropa.

"Tapi anggapan itu menjadi motivasi besar bagi mereka untuk menerobos kekuatan tangguh di Eropa. Indonesia bisa seperti itu," kata juru taktik Arema FC tersebut kala berbincang akrab dengan jurnalis di Malang termasuk INDOSPORT.com.

Pelatih berusia 58 tahun ini pun teringat bagaimana suasana negeri pecahan Yugoslavia itu gegap gempita saat menyambut sukses besar mereka di Eropa. Hanya butuh sembilan tahun pasca merdeka, Slovenia mampu menembus Piala Eropa tahun 2000 yang saat itu digelar di Belanda dan Belgia.

1.4K