Bola Internasional

Pelatih Austria Sebut Indonesia dan Vietnam Favorit Juara Piala AFF 2018

Selasa, 30 Oktober 2018 10:25 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© affsuzukicup
Mantan pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl menatap trofi Piala AFF Suzuki CUp 2016. Copyright: © affsuzukicup
Mantan pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl menatap trofi Piala AFF Suzuki CUp 2016.

INDOSPORT.COM –  Mantan Pelatih sepak bola Timnas Indonesia, Alfred Riedl, mengatakan bahwa tim Skuat Garuda dan Timnas Vietnam menjadi kandidat terkuat untuk memperebutkan gelar Piala AFF 2018.

Riedl mengatakannya bukan tanpa alasan. Menurutnya, Thailand yang akan menurunkan tim cadangan di turnamen sepak bola terbesar di Asia Tenggara yang bisa menguntungkan kedua tim.

"Biasanya di Piala AFF, Thailand selalu diakui sebagai kandidat teratas untuk kejuaraan, tetapi di turnamen tahun ini saya pikir Vietnam atau Timnas Indonesia akan memiliki peluang besar untuk memenangkan piala ini,” ujar Riedl, dilansir dari portal berita olahraga asal Vietnam, The Thao Van Hoa.

“Menurut informasi yang saya tahu, Federasi Sepakbola Thailand berencana untuk datang ke Piala AFF dengan tim cadangan. Saya tidak tahu mengapa mereka membuat keputusan ini,” tambahnya.

Alfred Riedl kembali ke kampung halamannya di Austria pada musim panas 2016 dan tidak menerima pekerjaan apa pun dari Asia Tenggara atau Asia Barat. Ia juga terkejut dengan kondisi timnas Filipina.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Senior Indonesia, Alfred Riedl, (tengah) serius mengamati latihan para pemainya. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTMantan pelatih Timnas Senior Indonesia, Alfred Riedl, saat sedang serius mengamati latihan para pemainya.

“Saya telah melihat berita tentang sepak bola Asia, tetapi tidak terlalu memikirkan tentang Piala AFF akan segera terjadi. Saya cukup terkejut ketika Filipina menunjuk Sven-Goran Eriksson sebagai pelatih tim nasional,” tambahnya.

“Hanya enam tim yang dapat menciptakan persaingan nyata di Piala AFF 2018 dan saya pikir Filipina dapat membuat perbedaan dan mendapatkan hasil yang baik jika semua pemain dalam skuat mereka berasal dari luar negeri,” imbuh Riedl.

Ia juga mengatakan bahwa hambatan terbesar Vietnam berasal dari tekanan eksternal, yakni ekspektasi dari media dan penggemar yang sangat besar.  

Piala AFF sendiri akan berlangsung pada 8 November hingga 15 Desember 2018 mendatang. Timnas Indonesia akan melakoni laga perdananya dengan bertandang ke kandang Singapura, 9 November 2018 mendatang.

Terus Ikuti Berita Piala AFF 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT

1.6K