Bola Internasional

Satu Grup dengan Timnas Indonesia, Filipina Sesumbar Bisa Juara Piala AFF 2018

Rabu, 31 Oktober 2018 08:18 WIB
Penulis: Rialdi | Editor: Lanjar Wiratri
© Getty Images
Skuat Timnas Filipina. Copyright: © Getty Images
Skuat Timnas Filipina.

INDOSPORT.COM - Timnas Filipina memiliki harapan tinggi di Piala AFF 2018. Filipina yang berada di grup B bersama Timnas Indonesia, Singapura, Timor Lester, dan Thailand, di Piala AFF tahun ini pun sesumbar bisa merebut gelar juara di ajang dua tahunan tersebut. 

Kekuatan sepak bola Filipina tak lagi dipandang sebelah mata berkat kampanye mereka di Piala AFF 2010. Phil Younghusband cs kala itu sukses mengalahkan juara bertahan Vietnam dan lolos ke semifinal.

Setelah itu, Timnas Filipina tampil konsisten sebagai tim yang tangguh dengan dua kali menginjakkan kaki di babak semifinal pada edisi 2012 dan 2014. Namun sayang pada Piala AFF 2016 mereka tak mampu berbuat banyak.

Setelah melewati lika-liku perjalanan dalam delapan tahun terakhir, Dan Palami selaku manajer Timnas Filipina menilai sudah saatnya negaranya juara.

"Bagi saya, ini (Piala AFF 2018) adalah tempat semuanya dimulai untuk Azkals," kata Dan Palami dalam forum Philippine Sportswriters Association, Selasa (30/10/18), dikutip dari Rappler.

© affsuzukicup.com
Bintang Timnas Filipina Stephan Schrock ketika berhadapan dengan Timnas Indonesia. Copyright: affsuzukicup.comBintang Timnas Filipina Stephan Schrock ketika berhadapan dengan Timnas Indonesia.

"Itulah mengapa pentingnya memenangkan Piala AFF. Mungkin bukan yang terpenting, tetapi itu sama pentingnya (seperti Piala Asia) karena sudah waktunya kita menunjukkan diri sebagai juara Asia Tenggara," tuturnya menambahkan.

Timnas Filipina diprediksi akan tampil mengejutkan di Piala AFF 2018. Selain memiliki pemain naturalisasi yang tak terduga, mereka kini memiliki pelatih kelas dunia sekaliber Sven Göran Eriksson.

Piala AFF 2018 akan bergulir pada 8 November hingga 15 Desember 2018. Filipina berada di Grup B bersama Thailand, Indonesia, Singapura, dan Timor Leste. Sementara Grup A diisi oleh Vietnam, Malaysia, Myanmar, Kamboja, dan Laos.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

708