Bola Internasional

Palsukan Dokumen Wajib Militer, Bek Korea Selatan Dilarang Membela Timnas Seumur Hidup

Kamis, 1 November 2018 21:29 WIB
Penulis: Putra Rusdi Kurniawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Selebrasi para pemain Timnas Korea Selatan. Copyright: © Getty Images
Selebrasi para pemain Timnas Korea Selatan.

INDOSPORT.COM - Pemain sepak bola asal Korea Selatan, Jang Hyun-soo dihukum seumur hidup tak boleh memperkuat Timnas karena memalsukan dokumen untuk menghindari wajib militer.

Di Korea Selatan ada aturan yang mewajibkan seorang pria berusia 19-34 tahun harus mengikuti wajib militer selama dua tahun.

Namun ada keistimewaan kepada warga negara yang Korea Selatan yang bisa mengharumkan nama negara untuk tidak mengikuti wajib militer.

Bintang Tottenham Hotspur, Son Heung-min mengalaminya setelah terbebas dari wajib militer usai memenangkan mendali emas Asian Games 2018 di Indonesia.

Sebagai gantinya para pria yang dibebaskan wajib militer harus melakukan pelatihan militer dengan 544 jam pelayanan terhadap komunitas yang berhubungan dengan olahraga selama 34 bulan.

Hal yang sama sebenarnya juga terjadi pada bek timnas Korea Selatan, Jang Hyun-soo yang bebas wajib militer karena meraih emas pada Asian Games 2014.

Namun kini, karier pemain FC Tokyo ini di timnas Korea Selatan harus berakhir setelah menerima hukuman dari Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA).

Pemain 27 tahun ini dihukum tak boleh memperkuat timnas Korea Selatan karena terbukti memalsukan dokumen pelayanan terhadap komunitas olahraga.

Dalam dokumen yang dikirimkan oleh Jang ia melaporkan telah melakukan pelayanan terhadap di masyarakat pada Desember 2017 selama 196 jam.

Laporan Jang ini dianggap adalah laporan palsu setelah pada Desember 2017 terjadi hujan salju lebat yang mustahil untuk melakukan kegiatan di luar ruangan untuk memberikan pelayanan terhadap komunitas keluarga.

Suh Chang-hee, pengacara Federasui Sepak Bola Korea Selatan (KFA) mengatakan, “Kami memutuskan untuk melarang Jang secara permanen untuk membela tim nasional. Jang juga akan mendapatkan denda maksimum di bawah KFA."

“Seorang pemain yang menerima skorsing seumur hidup dari bermain sepak bola dapat ditinjau untuk kemungkinan pencabutan larangan tersebut setelah tujuh tahun, tetapi penalti ini berlaku untuk panggilan ke timnas Korea Selatan."

“Karena Jang bermain di Jepang dan saat ini tidak terdaftar dengan kami, kami berpikir bahwa menangguhkannya dari berkompetisi lokal bukanlah benar-benar hukuman. Jadi kami memutuskan untuk secara permanen melarang Jang dipanggil ke tim nasional,” tegas sang pengacara.

Jang Hyun-soo sebenarnya adalah langganan di timnas Korea Selatan. Bersama Taeguk Warriors pria kelahiran Seol ini telah mememiliki 58 caps dengan torehan tiga gol. Hukuman ini juga memastikan Jang harus absen membela Korea Selatan di ajang Piala Asia 2019.

Terus Ikuti Update Berita Sepak Bola Lainnya di INDOSPORT.COM