Liga Inggris

Forest Green Rovers, Tim Sepak Bola Pertama di Dunia yang Menerapkan Sistem Go Green

Kamis, 1 November 2018 20:56 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Forest Green Rovers, klub Go Green pertama di dunia Copyright: © Getty Images
Forest Green Rovers, klub Go Green pertama di dunia

INDOSPORT.COM – Sebuah klub bernama Forest Green Rovers yang bermain di Liga 2 Inggris ternyata merupakan tim sepak bola yang sangat unik dan berbeda dari lainnya.

Green Rovers adalah klub sepak bola terhijau di dunia, yang mempunyai misi untuk menyelamatkan planet ini, seperti yang diturutkan dalam laman berita olahraga Sun Sports.

Semua yang ada di dalam klub menganut sistem Go Green, dari makanan yang hanya menyediakan sajian vegetarian, mobil listrik, tenaga surya untuk aliran listrik, cuka untuk perawatan gedung, bir terbuat dari sari apel hingga tadahan air hujan yang diolah menjadi air bersih untuk sistem pengairan.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

England's #ForestGreenRovers are the only football club in the world to receive the prestigious #UnitedNations certification 💚♻🌳 @fgrfc_official #goals

A post shared by Onefootball (@onefootball) on

Klub tersebut sama sekali tidak menggunakan bahan kimia, sehingga membuat para petinggi PBB begitu terkesan dan memberi penghargaan ‘Momentum for Change' di New York bulan lalu.

Kebiasaan yang dilakukan oleh Green Rovers ternyata menginspirasi klub elite lain seperti Stoke, Southampton, Ajax, Feyenoord, Real Madrid dan beberapa klub Bundesliga Jerman tertarik untuk mengikuti jejaknya.

Tak hanya itu, klub yang berbasis di di Nailsworth, Gloucestershire Inggris ini juga telah menghipnotis para fansnya yang secara tak sadar membantu mereka untuk hidup sehat ala go green.

Vince, yang merupakan seorang miliader dan kepala perusahaan energi Ecotricity, membuat lelucon dengan mengatakan Forest Green harus disebut ‘Eco-Dollars’ dalam reaksi terhadap ‘Petro-Dollars’ yang diinvestasikan di Man City dan PSG oleh pengusaha minyak dari Arab Saudi yang kaya.

“Saya tidak tertarik menghasilkan uang. Saya bukan seorang pengusaha. Saya seorang pencinta lingkungan. Saya mencoba mengubah dunia dan membuatnya lebih berkelanjutan. Dan sepakbola adalah cara yang bagus untuk menyampaikan pesan itu,” pungkasnya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Selain 2 penggawa asal Papua, Terens Puhiri & Yanto Basna. Para pemain yang berkiprah di luar negeri ini nyatanya juga tak dipanggil Bima Sakti untuk Piala AFF 2018. Pertama ada nama Ryuji Utomo yang sukses membawa RTT Rayong promosi ke Liga utama Thailand Lalu ada Andik Vermansah yang sudah malang melintang di persepakbolaan Malaysia dengan memperkuat Selangor FA & Kedah FA tentunya sangat menguntungkan jika Andik bisa dipanggil oleh Bima Sakti di Piala AFF kali ini. Selain Andik yang bermain di Malaysia, nama Achmad Jufriyanto juga luput dari pantauan coach Bima. Jupe diketahui saat ini memperkuat Kuala Lumpur FA. Selanjutnya ada striker klub Liga 2 Australia Western Knights SC. Yulius Mauloko yang baru saja menjadi top skor dengan torehan 11 gol. Sementara itu, di nomor lima ada striker blaster-an Indonesia-Belanda, Ezra Walian yang kini berkostum RKC Waalwijk, Ezra juga tak dilirik oleh Bima Sakti padahal Ezra merupakan predator andal asal ada bola-bola manja yang diarahkan padanya. Terakhir adalah striker klub Liga Super Malaysia Selangor FA, Ilham Udin Armaiyn. Seperti kita ketahui Ilham merupakan salah satu pemain yang bersinar di generasi Evan Dimas. #AFFCup208 #indosport

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM