Liga Indonesia

Regenerasi Persipura Jayapura: Sudah Ada, Tapi Belum Berani Dilakukan

Kamis, 1 November 2018 16:30 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Mantan pelatih Persipura Jayapura U-19, Abdul Manaf yang juga sukses mengantarkan tim sepak bola itu meraih gelar juara kompetisi bola Indonesia, Liga 1 U-19 tahun 2017, menginginkan adanya regenerasi di tim senior Persipura Jayapura saat ini.

Pernyataan itu bukan tanpa alasan, mengingat performa Persipura Jayapura saat ini dianggapnya sudah tak seperti dulu lagi. Keinginannya itu bahkan juga sering dilontarkan oleh beberapa legenda sepak bola dan sejumlah pihak.

Apalagi, ia menilai dua mantan pemainnya, Todd Rivaldo Ferre dan Gunansar Mandowen kini sudah bertransformasi menjadi pemain yang matang di lapangan.

"Regenerasi itu bukan hanya saya saja yang menginginkan, tapi banyak juga yang minta seperti itu. Karena untuk regenerasi Persipura kita lihat itu sudah pantas dilakukan," ujar coach Abdul saat dihubungi portal berita olahraga INDOSPORT, Rabu (31/10/18).

Pelatih sepak bola yang kini menukangi SSB Nafri di Kota Jayapura menuturkan bahwa tim-tim lain di Liga 1 2018, juga sudah perlahan melakukan regenerasi atau mulai mengorbitkan sejumlah pemain mudanya.

Bahkan beberapa diantaranya mendapatkan kesempatan penuh untuk bertanding. Sayangnya,  hal seperti itu jarang ia lihat di tim Persipura Jayapura, yang selama berapa kali pergantian pelatih, belum ada yang berani memberi kesempatan penuh bagi pemain muda.

"Saya pikir memang pemain U-19 sudah pantas naik ke senior. Kita lihat saja tim-tim lain di Liga 1 pun sudah banyak ambil pemain U-19. Kenapa kita tidak bisa, padahal di kompetisi U-19 kan kita yang juara," ungkapnya.

Kendati begitu, coach Abdul menjelaskan bahwa untuk meregenerasi tim seak bola Persipura Jayapura masih membutuhkan waktu. Karena menurutnya, pengaruh nama besar Persipura Jayapura menjadi pertaruhan gengsi dan juga tuntutan publik.

"Persipura Jayapura kan punya nama besar, jadi itu yang menjadi beban untuk bisa buat perubahan atau regenerasi dalam tim," tandasnya.

Sekadar informasi, dalam klasemen kompetisi bola Indonesia, Liga 1 2018, Persipura Jayapura tengah berkutat di papan tengah atau tepatnya peringkat sembilan dengan torehan 38 poin.

Terus Ikuti Update Liga 1 dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%