Liga Indonesia

Kalah dari Persebaya, Bek Persija Tunjukkan Sikap Berkelas

Minggu, 4 November 2018 23:28 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Fitra Herdian/Indosport.com
Skuat Persija Jakarta saat melawan Persebaya Surabaya. Copyright: © Fitra Herdian/Indosport.com
Skuat Persija Jakarta saat melawan Persebaya Surabaya.

INDOSPORT.COM - Persija Jakarta harus mengakui ketangguhan tuan rumah, Persebaya Surabaya, pada lanjutan kompetisi sepak bola Liga 1 pekan ke-29.

Macan Kemayoran dibekuk dengan skor mencolok yakni 3-0, Minggu (04/11/18) di Stadion Gelora Bung Tomo, Jawa Timur.

Kekalahan dari Persebaya pun sekaligus menghentikan rentetan kemenangan di empat laga terakhir Persija Jakarta. Dan tiga sosok dari Bajul Ijo yang menghancurkan mimpi Macan Kemayoran melalui gol-golnya hari ini adalah Osvaldo Hay, Ferinando Pahabol serta Oktafianus Fernando.

Kendati kalah telak, bek senior Persija, Maman Abdurrahman memberikan reaksi yang patut diacungi jempol. Ia tidak malu mengakui jika Persebaya memang bermain lebih bagus dibanding Persija.

Maman mengatakan faktor gol cepat dari Osvaldo Haay di menit ke-2 membuat mental dan konsentrasi pemain Persija terganggu. Meski sudah berusaha memperbaiki di babak kedua, nyatanya tim Ibu Kota tak bisa berbuat banyak.

"Sama seperti coach (Stefano Cugurra) Teco, gol cepat mpengaruhi konsentrasi kami. Gol itu buat Persebaya semakin semangat dan kehadiran suporter juga berpengaruh sehingga menular ke pemain," ucap Maman.

"Kemudian kerja sama mereka (pemain Persebaya) cukup bagus dan kita sudah mencoba mengimbangi di babak kedua dengan merubah permainan, tapi tekanan pemain Persebaya sangat kuat. Jadi selamat buat Persebaya," imbuhnya.

Dengan kekalahan ini, posisi Persija tetap berada di peringkat ketiga dengan 48 poin atau tertinggal lima poin dari pemuncak klasemen sementara, PSM Makassar. Macan Kemayoran masih berpeluang untuk mengejar gelar juara Liga 1, sebab masih menyisahkan satu laga tunda melawan Persela Lamongan.

"Kami akan perbaiki di laga selanjutnya, harus secepatnya. Kami tidak boleh larut dalam kekalahan karena kita harus bersaing di papan atas," kata Maman menyoal laga Persija selanjutnya.

131