Liga Indonesia

Disinggung Prabowo, Boyolali Siap Gandeng Barcelona Majukan Sepak Bola

Selasa, 6 November 2018 11:01 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Calon presiden, Prabowo Subianto, sempat melontarkan pernyataan ‘tampang Boyolali’ yang dianggap menghina masyarakat Boyolali. Namun ternyata Boyolali sempat berencana menggandeng Barcelona untuk memajukan sepak bola mereka.

Pernyataan tersebut ramai diperbincangkan terlebih jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang. Warga Boyolali bahkan ada yang turut menggelar aksi di Gedung Balai Sidang Mahesa, Boyolali sebagai bentuk protes.

Di balik kotanya yang damai, Boyolali ternyata menyimpan ambisi dan mimpi besar berkaitan dengan sepak bola. Hal itu ditunjukkan melalui rencana pembangunan stadion baru, pembinaan sepak bola usia muda bekerja sama dengan Barcelona, dan target serius lolos ke Liga 2.

Bupati Boyolali, Seno Samodro, ingin membangun stadion berstandar internasional dan didatangi klub-klub top Eropa. Seno Samodro terlebih dahulu telah merobohkan Stadion Sonolayu yang berada di tengah kota dan menggantinya dengan pusat belanja (mal) serta hotel.

Sebagai gantinya, stadion baru akan dibangun di wilayah Kecamatan Cepogo, yang berada di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl). Seno Samodro memilih lokasi stadion baru di dataran tinggi itu terinspirasi oleh Stadion Hernando Siles di La Paz, Bolivia, yang berada di ketinggian 3.637 mdpl.

Karena sudah terbiasa berlatih di stadion yang tipis asupan oksigennya, tim sepak bola nasional Bolivia pernah menaklukkan Timnas Brasil dan Argentina dengan skor telak.

“Saya punya mimpi Persebi (Persatuan Sepakbola Indonesia Boyolali) bisa mengalahkan PSSI di stadion baru itu,” tambah Seno Samodro.

745