Bola Internasional

Jurnalis Media Asing 'Bocorkan' Juara Piala AFF 2018, Bukan Indonesia!

Selasa, 6 November 2018 15:16 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Fourfourtwo
Timnas Vietnam saat menjuarai Piala AFF 2008. Copyright: © Fourfourtwo
Timnas Vietnam saat menjuarai Piala AFF 2008.

INDOSPORT.COM – Jurnalis media berita olahraga ESPN, John Duerden, 'membocorkan' jawara Piala AFF 2018. Namun tentu, 'bocoran' ini bukanlah hal yang pasti karena dirinya mengatakan bahwa Timnas sepak bola Vietnam berpotensi paling besar untuk menjadi juara kompetisi sepak bola Piala AFF 2018.

Duerden juga mengungkapkan peluang itu didapatkan setelah Thailand tak membawa banyak bintang andalan mereka dan pelatihan yang dilakukan di Korea membuat mereka menjadi semakin kuat.

"Dengan Thailand tanpa banyak bintang terbesar mereka, Vietnam menjadi fovorit nuntuk menjadi yang terdepan,” kata Duerden dalam tulisannya.

“Tim senior tidak terlalu sering bermain (stamina terjaga) dan melakukan latihan di Korea Selatan serta pertandingan persahabatan melawan klub lokal (di Korea). Kualifikasi untuk Piala Asia 2019 sangat mengesankan, dan ada inti dari pemain muda yang masuk dalam skuat tersebut.”

Jurnalis dari laman terkemuka Amerika Serikat itu tak lupa menyoroti kiper, Dang Van Lam, yang dianggap sebagai pemain kunci karena selalu menjadi pilihan nomor satu selama bertahun-tahun.

© The Thao Van Hoa
Timnas Vietnam bersama pelatih Park Hang Seo sedang melakukan latihan Copyright: The Thao Van HoaTimnas Vietnam bersama pelatih Park Hang Seo sedang melakukan latihan.

"Vietnam memiliki banyak bakat penyerang dan kreatif, dan, jika segalanya apik di lini belakang, ada peluang nyata untuk mengulang kesuksesan Piala AFF 2008," katanya.

Namun apapun itu, Duerden menganggap bagian penting yang sebenarnya terletak pada pelatih Park Hang Seo yang telah sukses di dua turnamen tahun ini.

"Park Hang-seo adalah tokoh populer setelah memimpin Timnas U-23 ke serangkaian hasil yang mengesankan dalam turnamen kontinental. Formasinya telah memperkenalkan gaya yang lebih pragmatis ke Vietnam, dan mereka lebih sulit dikalahkan daripada sebelumnya.”

Vietnam sendiri tergabung di grup A bersama Malaysia, Myanmar, Laos dan Kamboja. Nantinya Vietnam akan memainkan pertandingan pertama mereka dengan melawan Laos pada Kamis (08/11/18) esok.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Piala AFF 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT

3