Bola Internasional

Piala AFF 2018: FIFA Soroti Pertandingan Timor Leste vs Thailand

Kamis, 8 November 2018 19:35 WIB
Penulis: Rialdi | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Getty Images
FIFA. Copyright: © Getty Images
FIFA.

INDOSPORT.COM - Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) telah mengirimkan surat kepada Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) untuk mengonfirmasi status pertandingan antara Timor Leste vs Thailand pada laga perdana Grup B Piala AFF 2018.

Baru-baru ini, Direktur FIFA, Christian Unger, telah mengirimkan surat kepada FAT bahwa laga Timor Leste vs Thailand  di Piala AFF 2018 akan dianggap sebagai FIFA 'A' Match, sehingga akan berpengaruh terhadap poin peringkat dunia.

"Kepada Sekretaris Jenderal FAT. FIFA terima kasih telah mematuhi peraturan kompetisi internasional dengan mengirimkan informasi penting," kata Christian Unger, dikutip dari portal berita olahraga Siam Sport.

"Pada 9 November 2018, Piala AFF 2018 diadakan di Stadion Nasional Rajamangala, Timor Leste berdasarkan Pasal 7 Peraturan, FIFA dengan senang hati mengumumkan laga itu berstatus FIFA 'A' Match," imbuhnya.

Seperti diketahui, Piala AFF telah masuk dalam kalender FIFA sejak 2016, di mana akan ada poin yang dihitung pada setiap kemenangan dan berpengaruh di peringkat dunia. Hanya saja, perolehan nilainya kecil dan setara dengan frendly match.

Piala AFF masuk ke kategori friendly match karena termasuk dalam turnamen kecil. Nilai untuk variabel itu adalah 1.0.

Sedangkan untuk pertandingan kelas kualifikasi, baik Piala Dunia maupun Konfederasi, nilainya 2.5. Kemudian pertandingan di Piala Konfederasi dan Piala Asia sejenisnya bernilai 3.0. Untuk pertandingan putaran final Piala Dunia nilai variabelnya 4.0.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Piala AFF 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT