Bola Internasional

Kualitas Wasit Piala AFF Setara Liga 2 Indonesia, Alarm AFC Segera Terapkan VAR?

Sabtu, 10 November 2018 06:55 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Rafif Rahedian
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Laga perdana penyisihan Grup B, Piala AFF 2018 baru saja berakhir di mana salah satu pertandingannya mempertemukan Timnas Singapura vs Indonesia yang berlangsung pada Jumat (10/11/18) malam WIB.

Dalam pertandingan yang berlangsung di National Stadium, Kallang, Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan tuan rumah dan menyerah dengan skor tipis 0-1 lewat gol yang dicetak Hariss Harun di menit ke-37.

Sejatinya Timnas Indonesia sempat menyamakan kedudukan usai Lilipally sukses menggetarkan jala Singapura, namun sayang gol tersebut dianulir lantaran Irfan Jaya dianggap lebih dulu telah berada dalam posisi offside.

Namun dari tayangan ulang sangat jelas terlihat jika Irfan Jaya berada dalam posisi onside, berada tepat di belakang pemain bertahan Singapura.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Wasit Vietnam memang dari dulu udah kayak gini, gak aneh. Biadab.

A post shared by Timnas Indonesia (@garudarevolution) on

Buruknya kualitas wasit juga kembali terlihat di babak kedua, saat akselerasi Riko Simanjutak dihentikan dari belakang oleh bek Timnas Singapura di kotak terlarang namun hakim garis dan wasit yang memimpin tak merespons.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by LIBERO_ID LIVE! 🔵🇲🇨 (@libero_id) on

Melihat dua keputusan kontroversial tersebut, dapat dikatakan jika wasit yang memimpin pertandingan Singapura vs Timnas Indonesia di penyisihan Grup Piala AFF 2018 tadi memiliki kualitas yang tak jauh beda dari Liga 2 Indonesia.

Sebelumnya perangkat wasit yang bertugas dalam laga Liga 2 antara PSS Sleman vs Madura FC, Selasa (06/11/18) lalu, tak memberikan offside saat pemain PSS Sleman dengan sangat jelas terlihat berada jauh di depan pemain bertahan Madura FC.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by LIBERO_ID LIVE! 🔵🇲🇨 (@libero_id) on

Imbasnya pemain PSS Sleman mampu membuat umpan silang, nahasnya bola hasil umpan silang ditanduk bek Madura FC, Choirul ke gawang sendiri dan membuat PSS Sleman menang 1-0.

Dengan buruknya kualitas wasit dalam laga Singapura vs Timnas Indonesia di Piala AFF 2018, menjadi alarm bagi induk sepak bola Asia (AFC) untuk segera menggunakan teknologi VAR (Video Assistant Referee) dalam setiap pertandingan di kawasan Asia.

Sejatinya AFC telah mengkonfirmasi akan menggunakan sistem VAR dalam pertandingan di benua Asia, namun aturan tersebut baru akan berlaku untuk gelaran Piala Asia 2019 yang berlangsung di Uni Emirate Arab tahun depan.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Piala AFF 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.

2.4K