Bola Internasional

5 Laga Timnas Indonesia Pernah Jadi Korban Pemain Ilegal Timor Leste

Minggu, 11 November 2018 20:07 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Skuat Timnas Indonesia. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Skuat Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Timnas sepak bola Indonesia ternyata pernah menjadi korban Timor Leste yang menggunakan para pemain ilegal dalam 5 laga persahabatan kategori A FIFA.

Nama Timor Leste sempat mencuat ke permukaan publik usai terbongkarnya praktik keji dimana mereka menggunakan pemain ilegal di kompetisi resmi AFC dan FIFA sejak 2011 lalu. Kata ilegal di sini ditekankan pada kenyataan bahwa dokumen-dokumen resmi para pemain tidak sesuai dengan kenyataan, seperti umur sama status kewarganegaraan.

Tentu saja pemain ilegal ini menyalahi aturan yang sudah ditetapkan. Tercatat ada 12 pemain sepak bola ilegal yang digunakan Timor Leste pada fase-fase dari tahun 2011 lalu.

Bahkan AFC mencatat ada sembilan pemain yang bermain dalam 29 laga dibawah naungan AFC sejak 2011. Lalu ada pula tujuh pemain yang ikut ambil bagian laga Timnas Timor Leste berkategori FIFA.

Setelah dikulik ternyata terdapat 5 laga Timnas Indonesia vs Timnas Timor Leste, dimana mereka menggunakan jasa pemain ilegal ini. Berikut penjabarannya.