Liga Indonesia

Persib Bandung Teratas, Klub Indonesia Kuasai Asia di Instagram

Senin, 12 November 2018 19:17 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Antusiasme suporter Indonesia di dunia sepak bola memang tak sudah bisa diragukan lagi. Banyak dari mereka mendukung kesebelasan pujaan tanpa berharap imbalan apapun kecuali prestasi yang didapat klub idolanya tersebut.

Bukan hanya secara langsung di dalam stadion, dukungan luar biasa suporter Indonesia juga tak kalah luar biasanya melalui dunia maya. 

Di media sosial Instagram misalnya. Menjadi salah satu media sosial yang banyak digemari masyarakat Indonesia, klub-klub sepak bola Indonesia kini mulai aktif memanfaatkan Instagram sebagai sarana mereka mendekatkan diri dengan suporternya.

Hal itupun berbanding lurus dengan antusiasme suporter yang juga aktif di Instagram. Itu terbukti misalnya dalam salah satu rilis yang dibuat perusahaan analis sport manajemen yang berbasis di Oviedo Spanyol, Deportes & Finanzas. Lewat halaman resmi twitternya Deportes & Finanzas, merilis data yang menunjukkan betapa aktifnya suporter sepak bola Indonesia di Instagram.

Mengambil perbandingan di level Asia selama bulan Oktober 2018, setidaknya ada tujuh klub sepak bola asal Indonesia yang masuk dalam 10 besar klub paling aktif menjalin interaksi di media sosial instagram.

Bukan hanya mendominasi dengan tujuh klbu, luar biasanya suporter Indonesia di instagram semakin sahih berkat adanya lima klub pada urutan lima teratas daftar tersebut dengan Persib Bandung di urutan teratas lewat catatan total12,6 juta interaksi.