Bola Internasional

Update Peringkat Kompetisi Klub AFC: Liga 1 Indonesia Kembali Melorot

Senin, 12 November 2018 15:54 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Prio Hari Kristanto
© INDOSPORT.COM/Tiyo Bayu
Ilustrasi klub-klub Liga 1 2018 mendapat lisensi profesional dari AFC. Copyright: © INDOSPORT.COM/Tiyo Bayu
Ilustrasi klub-klub Liga 1 2018 mendapat lisensi profesional dari AFC.

INDOSPORT.COM - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) merilis ranking liga teranyar. Kali ini kompetisi sepak bola Liga 1 Indonesia harus kembali terperosok.

AFC telah merilis daftar koefisien liga-liga yang dinaunginya. Peringkat para kontestan liga ini juga akan berpengaruh pada kesempatan para klub bermain di kompetisi sepak bola Asia.

Total ada 46 kompetisi sepak bola domestik Asia yang berada di bawah naungan AFC. Di rilisan teranyar per 20 Oktober 2018, posisi Liga 1 Indonesia mengalami penurunan .

Posisi Liga 1 Indonesia berada di urutan ke-27 dengan mengoleksi 9,767 poin berdasarkan perhitungan AFC. Sedangkan berdasarkan perhitungan FIFA, Liga 1 Indonesia mendapat 111 poin.

© the-afc.cm
Peringkat Liga 1 Indonesia dalam rilis AFC Copyright: the-afc.cmPeringkat Liga 1 Indonesia dalam rilis AFC

Indonesia bahkan masih di bawah Liga Singapura dan Myanmar. Walau begitu, prestasi klub-klub Indonesia di Asia masih lebih baik dari tim-tim dari Korea Utara dan Kuwait. 

Sebelumnya, peringkat Liga 1 sempat menempati posisi 24 AFC pada Desember 2017 lalu. Bahkan, pada tahun lalu saja Liga 1 Indonesia masih menempati urutan 20 besar tingkat Asia. 

227