Bola Internasional

Bila Tak Berpisah, 3 Bintang Timor Leste Ini Bisa Jadi Andalan Timnas Indonesia

Selasa, 13 November 2018 14:47 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Suasana laga Timnas Indonesia vs Timor Leste. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Suasana laga Timnas Indonesia vs Timor Leste.

INDOSPORT.COM - Partai kedua di Grup B kompetisi sepak bola Piala AFF 2018, akan menyajikan laga Timnas Indonesia vs Timor Leste di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (13/11/18).

Bagi tim sepak bola berjuluk Skuat Garuda, kemenangan atas negara pecahan Indonesia ini akan menjaga asa Hansamu Yama dan kolega melaju ke babak semifinal Piala AFF 2018.

Ditambah lagi, Timor Leste yang notabene masih baru pada dunia sepak bola dan bermain di hadapan para pendukungnya, diyakini akan menjadi faktor utama kemenangan Timnas Indonesia nanti.

Walau begitu, negara yang baru berpisah dari Indonesia pada tahun 2002 ini, sejatinya tengah mengalami perkembangan yang pesat dalam persepakbolaannya. Diketahui, sejak tahun 2016, mereka secara resmi memperkenalkan liga teranyarnya.

Satu per satu pemain-pemain muda pun bermunculan berkat kompetisi tersebut. Puncaknya, kala mereka berhasil menembus fase semifinal di ajang Piala AFF U-19 pada  2013 lalu.

Dengan prestasinya tersebut, beberapa pemain-pemain junior pun dipromosikan oleh Norio Tsukitate yang merupakan pelatih timnas senior Timor Leste di ajang Piala AFF 2018 ini.

Sebut saja Henrique Cruz yang berhasil menjadi kunci utama keberhasilan Timor Leste menembus babak utama Piala AFF 2018.

Menelisik lebih jauh, andai Timor Leste pada tahun 2002 tidak memutuskan berpisah dari Indonesia. Diyakini, Timnas Indonesia akan dipenuhi oleh pemain-pemain dari kepulauan Nusa Tenggara ini.

Berdasarkan pantauan portal berita olahraga INDOSPORT, terdapat tiga pemain Timor Lester yang sekiranya bisa menjadi andalan Timnas Indonesia, andai tidak berpisah. Berikut daftar lengkapnya: