Bola Internasional

3 Negara yang Keluhkan Kualitas Rumput Stadion GBK Usai Renovasi

Selasa, 13 November 2018 15:34 WIB
Editor: Juni Adi
© Instagram.com/Love_GBK
Seorang pekerja sedang melakukan proses brush treatment terhadap rumput GBK. Copyright: © Instagram.com/Love_GBK
Seorang pekerja sedang melakukan proses brush treatment terhadap rumput GBK.

INDOSPORT.COM - Beberapa negara pernah mengeluh terkait kualitas rumput stadion sepak bola Gelora Bung Karno.

Timnas Indonesia akan kembali melanjutkan perjuangannya di Piala AFF 2018, melawan Timor Leste pada Selasa (13/11/18) malam WIB.

Anak asuh Bima Sakti berambisi meraih kemenangan, guna menjaga asa lolos ke babak semifinal, setelah sebelumnya takluk dari Singapur di laga perdana dengan skor 1-0.

Namun belum juga bertanding, sebuah kritikan pedas dilontarkan pelatih Timor Leste, Norio Tsukitate jelang laga tersebut. Pria asal Jepang itu mengkritik kondisi rumput Stadion Utama Gelora Bung Karno sebagai venue pertandingan nanti.

"Kondisi rumput sangat buruk. Ada beberapa bagian di pinggir yang berlubang," keluhnya usai jalani sesi latihan, pada Senin (12/11/18).

"Kondisi rumput di sini berbeda saat kita bermain di Thailand (Rajamangala Stadium) sangat bagus. Kita juga dapat tempat latihan yang bagus," tambahnya.

© Herry Ibrahim/Indosport.com
Pelatih Timor Leste, Norio Tsukitate saat konfrensi pers jelang pertandingan antara Indonesia vs Timor Leste. Copyright: Herry Ibrahim/Indosport.comPelatih Timor Leste, Norio Tsukitate saat konfrensi pers jelang pertandingan antara Indonesia vs Timor Leste.

Buruknya kualitas rumput Stadion GBK tak lepas dari adanya konser musik Guns N'Roses beberapa waktu lalu, yang membuat rumput harus ditutup rapat menggunakan armor deck untuk keperluan panggung dan penonton.

Sayangnya setelah dibongkar usai konser, rumput tetap terlihat rusak di beberapa titik karena mengalami stres meski tak terlalu parah. 

Padahal stadion termegah di Indonesia tersebut sudah menggunakan rumput berstandar internasional, yakni jenis Zeon Zoysia usai alami renovasi pada tahun 2016 lalu untuk Asian Games 2018.

Zeon Zoysia bahkan diklaim sebagai jenis rumput terbaik di dunia. Lebih baik dari jenis rumput yang sebelumnya dipakai yakni Zoysia Matrella Lynn Merr.

Ini bukanlah kali pertama kualitas rumput Stadion GBK mendapat kritikan. Tercatat sudah ada tiga negara yang mengeluhkan hal serupa sejak Stadion GBK direnovasi. Berikut INDOSPORT merangkumnya:

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
50%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
50%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%