Liga Indonesia

Bintang Klub Thailand Sebut Singapura Pantas Kalahkan Timnas Indonesia

Selasa, 13 November 2018 14:13 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pesepak bola asal Papua yang pernah merumput bersama Persib Bandung, Rudolf Yanto Basna, memberikan komentar berkelasnya bagi timnas sepak bola Indonesia diajang Piala AFF 2018. Yanto Basna menyebut jika Singapura memang pantas mengalahkan Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia di bawah kepemimpinan Bimsa Sakti sbeelumnya dikritik karena tak memasukkan nama pemain Papua dalam skuatnya. Pemain yang kini berkarier bersama klub Liga 2 Thailand, Khonkaen FC, itu justru memberikan tanggapan yang berbeda.

Dengan bijaknya Yanto menilai penampilan Evan Dimas cs saat kalah dari Singapura masih terlalu dini jika disebut sebagai penampilan terburuk. Menurutnya, timnas hanya membutuhkan konsentrasi dan tak perlu grogi.

"Sebenarnya penampilan mereka tidak terlalu buruk, hanya saja kemarin laga perdana dan mungkin indonesia tidak siap dan terlambat panas akhirnya hilang konsentrasi, dan Singapura memanfaatkan itu. Tapi tak bisa dipungkiri, bahwa Singapura bermain lebih baik dan disiplin di semua posisi dan saya pikir mereka pantas memenangkan pertandingan kemarin," jelas Yanto saat dihubungi awak media olahraga INDOSPORT, Selasa (13/11/18).

© Ofisial Khon Kaen FC
Pemain Khon Kaen FC Yanto Basna. Copyright: Ofisial Khon Kaen FCPemain Khon Kaen FC Yanto Basna.

Dirinya menampik jika kekalahan timnas tersebut karena faktor tak diperkuat oleh pemain-pemain asal Papua. Karena menurutnya, pelatih yang punya hak penuh untuk menentukan skuatnya.

"Kalau soal tidak adanya anak papua di timnas saya pikir itu bukan keputusan yang tepat, karena sebenarnya banyak anak-anak papua yang mempunyai potensi untuk masuk dalam skuat timnas. Namun semua kembali kepada pelatih karena selera setiap pelatih berbeda-beda," ungkapnya.

"Kalau pelatih dan jajarannya bekerja secara profesional, saya pikir akan ada empat hingga lima anak-anak papua di skuat timnas," sambungnya.

Yanto juga mengaku tak mau banyak berkomentar dan mengkritik soal tak adanya pemain asal Papua, termasuk dirinya di timnas skuat asuhan Bima Sakti. Ia hanya berharap, semoga dukungan dari semua pihak terus mengalir bagi skuat Garuda sehingga bisa meraih hasil memuaskan.

"Semua itu sudah lewat, dan sekarang kita hanya bisa dukung agar mereka bisa memberikan yang terbaik dan menjadi juara di Piala AFF 2018," tutup Basna.

52