Bola Internasional

Kalahkan Guardiola, Mourinho Dinobatkan Jadi Manajer Terbaik Dunia

Rabu, 14 November 2018 16:15 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola dan Jose Mourinho, pelatih Manchester United. Copyright: © INDOSPORT
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola dan Jose Mourinho, pelatih Manchester United.

INDOSPORT.COM - Belum lama ini, pelatih Manchester United, Jose Mourinho disebutkan sebagai pelatih terbaik di dunia. Ia mengalahkan rivalnya, Pep Guardiola, pelatih Man City.

Hal ini diutarakan langsung oleh legenda sepak bola Argentina, Diego Maradona,  yang ikut mengomentari perdebatan soal siapa pelatih terbaik antara Pep Guardiola atau Jose Mourinho yang memang tak ada habisnya.

Terlebih lagi di situasi saat ini, ketika para penikmat sepak bola terus mengelu-elukan Manchester City yang kini menjadi pemuncak klasemen sementara Liga Primer Inggris, dan di sisi lain Mourinho dan Manchester United-nya harus puas bertengger di papan tengah.

© Four Four Two
Pelatih Baru Dorados, Diegp Maradona Copyright: Four Four TwoLegenda sepak bola Argentina, Diego Maradona.

Namun pada kenyataannya, hal tersebut tidak berpengaruh terhadap opini Maradona soal Mourinho yang sudah sangat kaliber di dunia manajerial. Ia bahkan tidak keberatan jika harus datang ke Manchester khusus untuk menemui manajer asal Portugal tersebut dan menanyakan banyak hal kepadanya.

“Bagi saya, Mou yang terbaik,” ujar Maradona kepada Marca.

Meski demikian, Maradona tidak membantah bahwa Guardiola merupakan seorang manajer dan mantan pemain yang telah meraih banyak pencapaian dalam kariernya.

Ia juga mengamini bahwa Guardiola memang bukanlah orang yang menemukan konsep tiki-taka yang lekat dan menjadi ciri khasnya saat masih menangani Barcelona.

“Saya akan membiarkan Pep memanfaatkan apa yang telah diberikan Johan Cruyff kepadanya. Saya sendiri sudah pernah mengatakan berkali-kali kalau tiki-taka bukan berasal dari seorang Guardiola. Itu adalah milik ‘Flaco’ Cruyff,” ucap mantan pesepak bola nyentrik tersebut.

“Saat ini, Pep mampu memilih pemain mana saja di dunia yang dia inginkan. Hal itu pula yang membuat tiki-taka lebih mudah,” tambah Maradona.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

387