Liga Indonesia

Lagi, Eks Pelatih Timnas Indonesia Sindir Kualitas Wasit Tanah Air

Rabu, 14 November 2018 20:17 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Fakhri Husaini, dan para pemain Timnas Indonesia U-16 di kemenpora. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Fakhri Husaini, dan para pemain Timnas Indonesia U-16 di kemenpora.

INDOSPORT.COM - Kualitas wasit sepak bola Indonesia nampaknya masih belum mencapai tahap memuaskan bagi sebagian besar pelaku sepak bola, termasuk bagi eks pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini. Fakhri getol mengkritisi kinerja wasit melalui akun Instagramnya @coachfakhri.

Setelah sebelumnya mengungkapkan peran penting peluit bagi seorang pengadil pertandingan di lapangan, kini Fakhri kembali mengutip pernyataan mantan Sekjen AFC, Peter Velappan soal kesalahan yang bisa saja dilakukan oleh wasit.

“Saya dapat mentolerir kesalahan yang dilakukan wasit. Tetapi saya tidak akan pernah memaafkannya apabila kesalahan yang dibuatnya sampai mempengaruhi hasil akhir pertandingan,” kutip Fakhri.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Semakin bagus kepemimpinan wasit, semakin tidak dikenal orang namanya setelah pertandingan.

A post shared by Fakhri Husaini (@coachfakhri) on

Tak sebatas itu, pelatih yang membawa Bagus Kahfi dan kawan-kawan menjuarai Piala AFF U-16 2018 ini juga menuliskan caption yang menohok kenyataan kinerja wasit di Indonesia.

“Semakin bagus kepemimpinan wasit, semakin tidak dikenal orang namanya setelah pertandingan,” tulis Fakhri.

Hal ini mengindikasikan jika ramainya pemberitaan tentang wasit di Tanah Air adalah dampak dari buruknya kinerja wasit saat memimpin jalannya pertandingan.

Sementara itu, usai membawa Timnas Indonesia U16 melaju ke babak perempatfinal Piala Asia U-16 di Malaysia pada awal Oktober lalu, Fakhri Husaini resmi melepas jabatannya sebagai pelatih Timnas dan kembali ke rutinitas awalnya sebagai PNS BUMN di PT Pupuk Kaltim.

Penulis: Martini