Bola Internasional

Akhirnya, VAR Bakal Digunakan di Piala Asia 2019

Kamis, 15 November 2018 16:21 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Lanjar Wiratri
© Il Napolista
Salah satu wasit Serie A meminta bantuan teknologi VAR Copyright: © Il Napolista
Salah satu wasit Serie A meminta bantuan teknologi VAR

INDOSPORT.COM - Teknologi tayang ulang video atau video assistant referee (VAR) rencananya akan digunakan di Piala Asia 2019 di Uni Emirat Arab Januari mendatang.

Menurut Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), penggunaan VAR telah mendapat persetujuan dari Komite Wasit AFC dan teknologi ini akan digunakan mulai di babak delapan besar hingga final. VAR akan digunakan di tujuh laga yang berlangsung di empat tempat; Zayed Sports City dan Mohammed Bin Zayed Stadium di Abu Dhabi, Hazza bin Zayed Stadium di Al Ain dan  Al Maktoum Stadium di Dubai.

"Asia telah menampilkan beberapa wasit kelas dunia dan sekarang mereka akan mendapat dukungan tambahan untuk penggunaan VAR di babak perempatfinal, semifinal dan partai puncak Piala Asia 2019 yang akan berlangsung 1 Februari," demikian pernyataan resmi AFC sebagaimana dilansir Fox Sports Asia.

Masuknya VAR di babak delapan besar Piala Asia 2019 seiring dengan rencana Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) yang akan menggunakan tayangan video di delapam besar Piala Afrika. Sementara konfederasi sepak bola Amerika Selatan (CONMEBOL) mulai menggunakan VAR di perempatfinal Piala Libertadores. kejuaraan antar klub Amerika Latin (Liga Championsnya Amerika Latin).

Teknologi ini juga digunakan di Piala Dunia 2018 di Rusia dan di beberapa kompetisi liga papan atas VAR juga sudah digunakan (sekalipun kerap menimbulkan kerancuan) seperti Bundesliga Jerman dan Serie A Italia.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Lainnya di INDOSPORT 

96