Bola Internasional

Miris! Gol Timor Leste ke Gawang Indonesia Jadi yang Terbaik di Piala AFF 2018

Kamis, 15 November 2018 16:51 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Selebrasi gol pemain Timor Leste ke gawang Timnas Indonesia. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Selebrasi gol pemain Timor Leste ke gawang Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Pertandingan sepak bola di Piala AFF 2018 yang mempertemukan Timnas sepak bola Indonesia vs Timor Leste tampaknya telah menjadi salah satu pertandingan yang berkesan bagi kedua negara yang terlibat.

Gol pertama Timor Leste ke gawang Indonesia yang dipersembahkan oleh Rufino Gama di menit ke-48 berhasil mengejutkan semua orang.

Pasalnya, tendangan jarak jauh yang yang ciptakan menukik dari sisi kanan dan sukses menjebol gawang Andritany Ardiyaksa, kiper utama Timnas Indonesia.

Hal tersebut semakin menarik karena di sepanjang sejarah sebelum laga Indonesia vs Timor Leste pada Selasa (13/11/18) kemarin, Timnas Indonesia belum pernah bertemu dengan Timor Leste di Piala AFF. 

Tidak hanya itu, dari lima pertandingan Indonesia vs Timor Leste yang pernah dijalani di semua ajang, tim yang dijuluki O Sol Nascente ini menerima kekalahan pada lima laga tersebut, dengan kebobolan gol sebanyak 25 kali dan tanpa membalas satu gol pun.

Tentu hal ini menimbulkan kekecewaan besar dari masyarakat Indonesia yang merasa level permainan Indonesia kini menjadi setara dengan Timnas Timor Leste.

Gol dari Rufino Gama ke gawang Timnas Indonesia itu pun mendapatkan apresiasi dari banyak pihak, termasuk dari media asing ternama sekelas Fox Sports.