Bola Internasional

Piala AFF 2018: Lawan Vietnam, Timnas Malaysia Akui di Bawah Tekanan

Kamis, 15 November 2018 16:05 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Lanjar Wiratri
© 24h.com.vn
Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo. Copyright: © 24h.com.vn
Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo.

INDOSPORT.COM - Malaysia akan berhadapan dengan tuan rumah Vietnam di laga ketiga fase grup A Piala AFF 2018. Timnas Malaysia pun mengunghkapkan jika mereka berada di bawah tekanan jelang menghadapi tuan rumah.

Vietnam yang berlaga di ajang AFF 2018 ini bisa dibilang 'generasi emas' setelah mereka berhasil jadi finalis Piala Asia U-23 di China awal tahun ini (kalah atas Uzbekistan).

Di antara para pemain, sorotan tertuju pada playmaker jenius Nguyen Quang Hai dan striker Nguyen Cong Phuong, yang kerap dijuluki 'Messi Vietnam'. 

Malaysia memang sudah dua kali menang melawan Kamboja 1-0 dan Laos 3-1. Namun, Harimau Malaya jelas menghadapi lawan yang beda dibanding dua lawan sebelumnya.

Peringkat Naga Emas (julukan Vietnam) di FIFA adalah 102, jauh dibanding Malaysia yang ada di peringkat 169.

© Fourfourtwo
Norshahrul Idlan Talaha, pemain andalan Timnas Malaysia Copyright: FourfourtwoNorshahrul Idlan Talaha, pemain andalan Timnas Malaysia

Quang Hai ingin membawa Vietnam juara AFF lagi sejak kesuksesan sepuluh tahun lalu. Pemain 21 tahun ini ingat betapa meriahnya sambutan warga saat Negeri Paman Ho berhasil meraih gelar regional bergengsi ini.

"Akan sangat hebat jika kita bisa mengulangi prestasi tahun 2008 dan menjuarai turnamen. Itu sangat berarti bagi negara kami," ujar Quan Hai kepada website affsuzukicup.

Dalam 10 pertemuan di ajang Piala AFF, Malaysia justru kalah atas Vietnam lima kali dan dua kali imbang. Dua tahun lalu, Vietnam mengalahkan Malaysia 1-0 di fase grup Piala AFF.

Walau begitu, Malaysia tetap tak ingin terpengaruh catatan statistik dan peringkat. Hadir sebagai tim unggulan, Vietnam diperkirakan bakal mengalami tekanan.

 "Vietnam bakal di bawah tekanan karena mereka jadi salah satu favorit juara tahun ini," ujar bek Malaysia Aidil Zafuan Radzak.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Piala AFF 2018 Lainnya di INDOSPORT