Bola Internasional

3 Biang Kerok yang Buat Timnas Indonesia Tersingkir dari Piala AFF 2018

Kamis, 22 November 2018 11:29 WIB
Editor: Juni Adi
© INDOSPORT
Timnas Indonesia usai melawan Timor Leste di Piala AFF 2018. Copyright: © INDOSPORT
Timnas Indonesia usai melawan Timor Leste di Piala AFF 2018.

INDOSPORT.COM - Kiprah Timnas Indonesia dipastikan harus tersingkir di ajang Piala AFF 2018, setelah melihat hasil pertandingan tim lain di Grup B yakni Filipina vs Thailand, Rabu (22/11/18).

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Panaad itu, Thailand gagal meraih kemenangan atas tuan rumah Filipina. Keduanya harus puas bermain imbang 1-1.

Peluang lolos ke semifinal bisa saja terbuka bagi Timnas Indonesia, andai Thailand mampu mengalahkan Filipina di laga tersebut, dan Filipina kembali kalah di laga terakhir melawan Timnas Indonesia.

Dengan hasil ini, anak asuh Bima Sakti gagal mengulang prestasi dua tahun lalu atau di Piala AFF 2016, dimana Timnas Indonesia berhasil melaju hingga babak final dan meraih peringkat runner-up, setalah takluk dari Thailand.

"Pertama saya minta maaf kepada PSSI dan pecinta sepak bola Indonesia. Kita semua pasti sedih (atas kegagalan ini)," ucap pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti.

"Tapi saya pesan kepada pemain, perjuangan belum selesai dan kita harus tutup pertandingan hari Minggu (lawan Filipina) dengan kemenangan," tambahnya.

Bukan hanya hasil Thailand vs Filipina yang jadi biang keladi tersingkirnya Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 ini. Setidaknya ada tiga faktor lainnya yang bikin hal tersebut terjadi. Berikut INDOSPORT merangkumnya:

213