Bola Internasional

Fans Indonesia Mulai Malas Nonton Timnas, Begini Ungkapan Berkelas Andik Vermansah

Jumat, 23 November 2018 19:20 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Andik Vermansyah berusaha keras untuk menyingkirkan pemain Timor Leste. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Andik Vermansyah berusaha keras untuk menyingkirkan pemain Timor Leste.

INDOSPORT.COM - Menjelang laga terakhir Timnas sepak bola Indonesia di babak grup Piala AFF 2018 kontra Fillipina, Minggu (25/11/18), kabar yang tidak mengenakan terus menghampiri Timnas Indonesia.

Pasalnya, para suporter Indonesia yang sudah geram dengan prestasi minor Timnas tak henti-hentinya menyuarakan pendapatnya untuk menghentikan dukungan ke tim asuhan Bima Sakti ini.

Kabar tersebut benar adanya, mengingat performa Skuat Garuda di ajang Piala AFF 2018 jauh dari kata layak. Dari tiga pertandingannya di Grup B, Indonesia hanya mampu meraih satu kemenangan saat bersua dengan Timor Leste. Itu pun harus melalui pertandingan sengit terlebih dahulu.

Tak ayal, para pendukung Indonesia pun yang sudah merasa kecewa, semakin kecewa saat mengetahui Timnas Indonesia tak mampu melanjutkan perjalanannya setelah Filipina dan Thailand bermain imbang 1-1.

Kemenangan di laga melawan Filipina nanti tidak mampu menggeser posisi Filipina yang telah mengumpulkan tujuh poin.

Mengetahui minimnya dukungan positif dari masyarakat Indonesia, salah satu punggawa Timnas Indonesia, Andik Vermansah mengaku kecewa akan hal itu. Ia tak menutup mata bahwa dirinya sangat prihatin dengan sikap suporter yang enggan memberikan dukungannya. 

Mantan pemain Kedah FA ini pun mengakui sangat membutuhkan sosok suporter, mengingat energi Timnas Indonesia sebagian besar berasal dari para pendukung yang hadir.

"Sebenarnya saya prihatin dengan sikap suporter. Jujur kami sangat membutuhkan kehadiran dan dukungan suporter karena mereka adalah sebagian tenaga kita," tutur Andik.

Baginya, seluruh punggawa Garuda Nusantara telah mengucurkan segala kemampuannya untuk menuai hasil positif di setiap laganya.

Andik pun berani mengatakan bahwa tidak ada satupun pemain Timnas Indonesia yang bermain setengah hati. Maka dari itu, ia berharap pada laga terakhir di Piala AFF 2018 nanti, para suporter Indonesia akan memenuhi Gelora Bung Karno (GBK).

"Para pemain, kami semua, telah berjuang keras. Tak ada dari kami yang malas-malasan. Kami berikan yang terbaik untuk negara. Oleh karena itu kami berharap suporter dapat bersikap dewasa dan selalu mendukung timnas," lanjutnya.

Penulis: Ridi F Khan

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Piala AFF 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT

961