Bola Internasional

Jalani Laga Terakhir AFF, Indonesia Jadi Negara ASEAN Tersibuk di Sepak Bola

Senin, 26 November 2018 13:55 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Yohanes Ishak
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Para pemain Timnas Indonesia tertunduk lesu usai melawan Filipina. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Para pemain Timnas Indonesia tertunduk lesu usai melawan Filipina.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia baru saja menggelar laga terakhir babak penyisihan grup Piala AFF 2018, dimana dalam pertandingan kontra Filipina tersebut, skuat Garuda harus puas bermain imbang 0-0.

Selepas pertandingan, terdapat beberapa catatan unik dan menarik untuk di ulas. Salah satunya adalah fakta bahwa Timnas Indonesia menjadi negara dengan jadwal pertandingan sepak bola paling sibuk di ASEAN.

Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya pertandingan yang dilakukan secara bersamaan, bertepatan dengan laga terakhir Piala AFF 2018 pada hari Minggu (26/11/18) kemarin.

Selain menyelenggarakan Piala AFF 2018, Indonesia juga masih melakoni 3 kompetisi nasional berbagai level mulai dari Liga 1 hingga Liga 3.

Di kompetisi Liga 1, terdapat pertandingan pekan ke-32 antara PSM Makassar vs Bali United. Sedangkan di Liga 2 terdapat dua laga sengit di partai semifinal Liga 2, di Liga 3 pun telah melakoni babak 32 besar yang mempertemukan PSCS vs PSID dan PSBL vs Solok.

Bentroknya jadwal pertandingan tersebut, bisa menjadai salah satu penyebab gagalnya Timnas Indonesia dalam meraih hasil maksimal di Piala AFF 2018, lantaran tak banyak pemain bintang yang dapat dipanggil akibat harus memperkuat tim di kompetisi lokal.

Hal tersebut tentu berbeda dengan negara-negara peserta AFF lain, sebut saja Thailand dan Malaysia yang tak menjalankan kompetisi apapun selama gelaran Piala AFF, yang membuat mereka mampu memanggil para pemain terbaik untuk kompetisi kali ini.

Hasilnya, Timnas Thailand dan Malaysia sukses melangkah ke partai semifinal Piala AFF 2018 dan membuka peluang meraih gelar juara tahun ini, sedangkan Indonesia hanya sibuk menyaksikan Liga lokal dan menunggu jawara di kompetisi tersebut.

Ikuti terus berita Sepak Bola Indonesia dan Seputar Piala AFF 2018 di INDOSPORT.COM