Bola Internasional

Piala AFF 2018: Pesan Legenda Pelita Jaya untuk Pencetak Gol Terbanyak Malaysia

Jumat, 30 November 2018 07:42 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Safee Sali adalah sosok yang menghancurkan hati rakyat Indonesia saat Malaysia juara Piala AFF 2010 namun jadi idola di negeri ini saat bermain di Pelita Jaya. Apa kabarnya kini?

Mantan striker timnas Malaysia menginginkan juniornya Norshahrul Idhan Talaha melebihi pencapaian gol sang legenda di ajang Piala AFF 2018. Norshahrul yang biasa dipanggil Mat Yo sudah mencetak empat gol sejauh ini di fase grup (total keikutsertaan di Piala AFF torehan golnya mencapai delapan).

Sali sendiri menjadi pencetak gol terbanyak saat membawa negaranya juara Piala AFF 2010 dengan menang atas Indonesia (lima gol). Selain itu, total dia mencetak sembilan gol sepanjang ikut Piala AFF dan membawa Malaysia menjadi runner-up Piala AFF 2014 (kalah atas Thailand).

"Saya berharap Mat Yo bisa menyamai rekor saya dan di saat bersamaan membawa Malaysia juara Piala AFf", ujar Sali sebagaimana dilansir New Straits Times.

© ESPN FC
Striker Timnas Malaysia, Safee Sali. Copyright: ESPN FCLegenda Striker Timnas Malaysia, Safee Sali.

Sali dan Mat Yo pernah bekerja sama saat membela klub Malaysia PKNS. Sebenarnya Mat Yo awalnya tak masuk dalam rencana pelatin timnas Malaysia Tan Cheng Hoe. Sali pun terkesan dengan kemajuan juniornya tersebut.

"Di Liga Malaysia awalnya dia tak terlalu bagus namun saya salut atas kemajuannya," ujar pria yang sempat membawa Johor Darul Takzim juara Piala AFC 2015 ini.

Malaysia akan menjamu Thailand di leg pertama semifinal Piala AFF 2018 pada 1 Desember 2018 sebelum laga tandang di Bangkok empat hari berselang. Mampukan Mat Yo melampaui pencapaian sang legenda?

Ikuti terus berita sepak bola Piala AFF 2018 dan berita olahraga lainnya di INDOSPORT.COM

294