Liga Indonesia

Runner Up Liga 1 Terancam Tak Bisa Lolos ke Piala AFC, Ini Alasannya

Sabtu, 1 Desember 2018 14:14 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© INDOSPORT.COM/Tiyo Bayu
Ilustrasi logo Liga 1 2018 dan AFC. Copyright: © INDOSPORT.COM/Tiyo Bayu
Ilustrasi logo Liga 1 2018 dan AFC.

INDOSPORT.COM - PSSI saat ini tengah mencoba membuat langkah baru untuk memperjuangkan tim yang juara Piala Indonesia mendapatkan tempat di ajang Piala AFC.

Namun bukan untuk tahun ini, PSSI baru akan merealisasikannya pada Piala AFC 2020 mendatang. Artinya, klub yang menjuarai Piala Indonesia 2019 baru bisa mendapatkan tempat di Piala AFC 2020 tanpa harus memuncaki klasemen Liga 1.

"Kami sudah bersurat ke AFC terkait juara Piala Indonesia 2019 akan mewakili Indonesia di ajang Piala AFC 2020. Ini tentu menambah prestise turnamen ini serta menjadi motivasi para klub-klub untuk meraih juara," kata Iwan Budianto, dikutip laman resmi PSSI.

Dengan begitu, klub yang menjadi runner up di Liga 1 harus masuk dalam daftar tunggu di fase grup Piala AFC. Klub itu bisa saja otomatis lolos ke Piala AFC, jika juara Piala Indonesia tak memiliki lisensi AFC.

Klub runner up itu pun bisa langsung lolos ke Piala AFC, jika tim yang menjuarai Liga 1 mendapatkan tempat di Liga Champions Asia. Hal ini pun membuat klub runner up Liga 1 terancam tak mendapatkan kesempatan lolos di Piala AFC.

553