Liga Indonesia

Zain Batolla Kenang Memori Saat PSM Makassar Juara Liga Indonesia Tahun 2000

Minggu, 2 Desember 2018 21:33 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Isman Fadil
© Wira Wahyu Utama/INDOSPORT
PSM Makassar saat berkompetisi di level Asia melawan Royal Thai Force. Copyright: © Wira Wahyu Utama/INDOSPORT
PSM Makassar saat berkompetisi di level Asia melawan Royal Thai Force.

INDOSPORT.COM - PSM Makassar berhasil keluar sebagai juara di Liga Indonesia musim 2000. Di partai final Tim Juku Eja berhasil mengalahkan Pupuk Kaltim yang diperkuat Fakhri Husaini dan kawan-kawan dengan skor 3-2 di Jakarta.

Ya, kala itu PSM Makassar bentrok dengan PKT Bontang yang diperkuat sejumlah pemain sekaliber Aries Prasetyo dan kiper nyentrik Sumardi pada partai final di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 23 Juli 2000.

Lima gol tercipta pada laga itu. Tiga gol PSM dicetak dua oleh Kurniawan Dwi Yulianto dan satu gol tambahan oleh Rahman Usman. Sementara di kubu PKT Bontang dicetak oleh Aries Budi Prasetyo dan sisanya oleh Fakhri Husaini lewat titik penalti.

"Saya ikut waktu final lawan PKT. Suporter (Makassar) ada puluhan ribu yang datang dan banyak yang naik kapal laut," ungkap salah satu pemain PSM Makassar, Zain Batolla, Selasa (27/11/18).

Zain Batolla menceritakan bagaimana menegangkannya atmosfer laga final di GBK pada waktu itu. Di mana PSM ditonton puluhan ribu suporter setia yang jauh-jauh datang dari pulau sulawesi.

Adik kandung Syamsuddin Batolla ini juga mengaku sempat ciut melihat permainan PKT Bontang yang di perkuat gelandang seperti Fakhri Husaini. "Fakhri Husaini dulu itu kecil-kecil tapi lincah dan kuat. Bahaya sekali," ujarnya.

27