Liga Indonesia

Kapten Arema FC Lontarkan Saran Dan Kritik 'Pedas' Kepada Operator Liga 1

Rabu, 5 Desember 2018 06:21 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Abdurrahman Ranala
© Wira Wahyu Utama/Indosport.com
Hamka Hamzah saat menghampiri suporter sekaligus memberikan jersey Arema. Copyright: © Wira Wahyu Utama/Indosport.com
Hamka Hamzah saat menghampiri suporter sekaligus memberikan jersey Arema.

INDOSPORT.COM - Hamka Hamzah konsisten untuk menempatkan dirinya sebagai seorang profesional. Termasuk ketika ditanya perihal apa masukan yang pas untuk kompetisi Liga 1, ia menjawabnya dari sudut pandang seorang pemain sepak bola.

Baginya, kompetisi musim depan harus menampilkan sisi entertainment lebih banyak lagi. Karena selain pematangan pemain yang bermuara ke tim nasional, berputarnya kompetisi sepak bola profesional juga mengusung misi lain untuk menyuguhkan hiburan menarik bagi pemirsanya.

"Keinginan saya adalah, agar kompetisi Liga 1 tahun depan bisa lebih menghibur lagi," papar Hamka Hamzah di hadapan jurnalis di rumahnya kawasan elite Kota Malang.

Ia pun memberikan saran sekaligus kritik terhadap berkurangnya sisi entertainment dari Liga 1 saat ini. Padatnya jadwal pertandingan, menjadi faktor utama dibalik menurunnya sisi hiburan dari Liga 1 akibat padatnya jadwal Tim Nasional.

"Kalau bisa, tahun depan jadwal pertandingan Liga 1 tidak berbarengan lagi dengan FIFA Matchday dan agenda Timnas lainnya," bilang Kapten tim Arema FC berusia 34 tahun tersebut.

Sepanjang musim ini, Liga 1 memang banyak mengalami pemadatan jadwal akibat agenda Tim Nasional. Sepanjang pertengahan Agustus sampai September, kompetisi mesti mengalah dengan agenda Asian Games.

Sehingga, pemadatan jadwal menjadi solusi yang berpengaruh besar pada recovery pemain di setiap jeda harinya yang sangat mepet. Hal itu masih ditambah dengan berjalannya kompetisi di tengah kepentingan Timnas turun di ajang Piala AFF, sehingga klub juga tidak maksimal untuk menampilkan kekuatan terbaiknya.

"Saya sangat yakin hal itu bisa diatasi. Karena yang menyusun jadwal adalah orang-orang berpengalaman di bidangnya yang ada di PT Liga Indonesia Baru," sambungnya.

Ikuti Terus Berita Liga 1 dan Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

167