Bola Internasional

5 Klub Top Eropa yang Belum Terkalahkan di Liga Domestik

Kamis, 6 Desember 2018 15:18 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
© Getty Images
Fiorentina vs Juventus Copyright: © Getty Images
Fiorentina vs Juventus

INDOSPORT – Saat ini, kompetisi teratas sepak bola di masing-masing negara Eropa telah memasuki pekan ke-13 hingga ke-16 pertandingan yang telah dilalui.

Setiap klub tentunya akan sulit menampilkan konsistensi penampilannya sejauh ini. Terbukti, hanya ada lima klub di empat liga elit Eropa yang belum pernah menelan kekalahan di musim 2018/19 ini. Siapa sajakah itu?

Pada Liga Serie A Italia, Juventus menjadi satu-satunya yang tak terkalahkan. Tim yang berjuluk Si Nyonya Tua ini berhasil mempertahankan hegemoninya. Dari 14 laga sejauh ini, mereka memperoleh 13 kemenangan dan satu hasil imbang, serta mengumpulkan 40 poin yang membuatnya kokoh dipuncak klasemen.

Premier League sebagai salah satu liga paling kompetitif, memiliki dua klub yang belum terkalahkan yakni Manchester City dan Liverpool. Keduanya terus menempel untuk menguasai puncak klasemen, dengan terpaut selisih dua poin hingga pekan ke-15 ini.

Liverpool yang mengantongi 39 poin, harus duduk diperingkat dua dan berjuang untuk bersaing dengan Manchester City sebagai penguasa klasemen dengan torehan 41 poin sebagai tim yang belum terkalahkan di Liga Inggris periode 2018/19.

Di Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund menjadi satu-satunya klub yang tak terkalahkan hingga pekan ke-13 dengan 33 poin. Satu-satunya kekalahan Dortmund pada musim ini, kala ditaklukan oleh Atletico Madrid dengan skor 2-0 pada laga lanjutan babak penyisihan grup Liga Champions.

© Getty Images
Selebrasi gol Mohamed Salah Copyright: Getty ImagesSelebrasi gol Mohamed Salah

Ligue 1 Prancis masih dikuasai oleh Paris Saint-Germain (PSG), yang belum mampu ditumbangkan klub Prancis mana pun hingga pekan ke-16 dengan 44 poin. Dalam enam laga terakhir, PSG mencatat tiga kali imbang dan tiga kali menang, belum pernah kalah.

Namun sayangnya, La Liga Spanyol tidak tercantum dalam daftar ini, pasalnya semua klub yang ada di liga elit tersebut telah menelan kekalahan. Klub raksasa seperti Barcelona dan Real Madrid tak mampu mempertahankan konsistensinya, segudang permasalahan telah mendera kedua tim itu.

Beberapa pemain Blaugrana telah menunjukan penurunan performa, salah satunya Luis Suarez, dan pemain yang bermasalah seperti Ousmane Dembele. Sementara Los Blancos kehilangan daya magisnya usai kepergian Cristiano Ronaldo dan Zinedine Zidane, yang membuat mereka berada di masa transisi yang cukup krusial.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

532