Liga Indonesia

Pelatih Persib Anggap Liga dan Piala Indonesia Sama Penting

Kamis, 6 Desember 2018 02:47 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Juni Adi
© Arif Rahman/INDOSPORT
Mario Gomez pelatih Persib Bandung Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Mario Gomez pelatih Persib Bandung

INDOSPORT.COM - Persib Bandung tidak menurunkan legiun asingnya dan hanya memainkan pemain lokal yang mayoritas jarang mendapatkan kesempatan tampil di Liga 1 2018, saat menghadapi PSCS Cilacap di Stadion Wijayakusuma, Cilacap, Rabu (05/12/18). 

Menurut pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya, pelatih Mario Gomez memiliki alasan memberangkatkan 16 pemain lokal untuk pertandingan menghadapi PSCS di babak 64 besar Piala Indonesia 2018. 

Salah satu alasannya yakni, Persib ingin meraih hasil maksimal di Piala Indonesia dan juga ingin menutup pertandingan pamungkas Liga 1 2018 menghadapi Barito Putera dengan kemenangan. 

Sehingga, pemain yang tidak dibawa ke Cilacap tetap berlatih bersama Gomez di Bandung untuk persiapan menghadapi Barito Putera di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu (08/12/2018). 

"Sejak di Bandung memang Coach sudah mengatakan dan memberi instruksi kepada kita semua, bahwa kita punya dua laga penting," kata Yaya seusai pertandingan. 

"Pertama, kami berusaha untuk meraih posisi ketiga (di Liga 1). Kemudian bagaimana caranya kita bisa terus melaju di Piala Indoensia," jelasnya. 

Yaya menegaskan, Persib tidak menyepelekan Piala Indonesia 2018, karena menurutnya turnamen dan Liga sama pentingnya. Sehingga, skuat Maung Bandung dibagi menjadi dua tim, apalagi jeda laga Piala Indonesia dan Liga 1 cukup mepet. 

© Ronald Seger/Indosport
PSCS VS PERSIB Copyright: Ronald Seger/IndosportPSCS VS PERSIB

"Kami tidak memilih mana yang punya prioritas, karena kami punya 30 pemain yang penting dan dua pertandingan penting, kita juga punya tanggung jawab yang sama," ungkapnya. 

"Kami tidak membedakan event ini atau itu. Jadi kepada pemain tim pelatih hanya ingin pemain kerja keras di dua pertandingan ini (PSCS dan Barito Putera)," tegasnya. 

Pada pertandingan tersebut, Persib berhasil menaklukkan PSCS dengan skor tipis 1-0, dengan hasil tersebut skuat Maung Bandung dipastikan lolos ke babak 32 besar. 

Menurut Yaya, Persib tidak khawatir untuk menghadapi 32 besar, karena durasi kontrak mayoritas pemain akan berakhir pada Februari 2019. 

"Kontrak variatif, tapi kebanyakan kita habis di Februari. Artinya kalau di bulan Desember sampai Januari masih ada pertandingan, kita masih bisa continue," pungkasnya. 

149