Bola Internasional

Indonesia Wajib Contoh Malaysia! Dari Tak Pernah Menang, Namun Kini Jadi Finalis AFF 2018

Kamis, 6 Desember 2018 15:39 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Isman Fadil
© AFF
Skuat Timnas Malaysia saat merayakan gol. Copyright: © AFF
Skuat Timnas Malaysia saat merayakan gol.

INDOSPORT.COM - Capaian impresif berhasil diraih Timnas Malaysia dalam gelaran Piala AFF 2018, di mana skuat Harimau Malaya tersebut berhasil melangkah ke final usai menaklukan sang juara bertahan Thailand.

Sebelumnya, pada pertandingan semifinal leg kedua Timnas Malaysia harus menghadapi laga tandang kontra Thailand di Stadion Rajamangala, Bangkok pada Rabu (06/12/18) malam WIB.

Meski dalam laga tersebut Malaysia hanya bermain imbang 2-2, namun skuat arahan Tan Cheng Hoe itu berhak melaju ke babak pamungkas Piala AFF 2018 karena unggul produktivitas gol. 

Keberhasilan Malaysia melangkah ke partai puncak Piala AFF 2018 sejatinya merupakan sebuah kejutan, pasalnya Timnas Malaysia sempat mengalami periode terburuk mereka bahkan tak pernah menang dalam 10 pertandingan beruntun.

Hasil tersebut membuat Malaysia melorot dan menempati peringkat 178 FIFA, yang merupakan capaian terburuk sepanjang sejarah mereka sejak 25 tahun terakhir.

Imbasnya, Presiden Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM), Tunku Ismail Sultan Ibrahim atau yang lebih dikenal sebagai Tunku Mahkota Johor (TMJ) memutuskan untuk mundur dari jabatannya.

Mundurnya TMJ, turut menaikan penampilan Malaysia dan selama tahun 2018 ini saja mereka hanya menelan 4 kekalahan dan berhasil meraih 8 kemenangan dan berhasil melangkah ke final Piala AFF 2018.

Dengan berkaca dari Timnas Malaysia, sejatinya Indonesia terkhususnya PSSI wajib mencontoh apa yang dilakukan FAM dengan mengganti struktur yang bermasalah dan melakukan perubahan demi memajukan sepak bola nasional.

Andai kebijakan tersebut dilakukan, bisa saja Timnas Indonesia bakal meraih hal yang sama bahkan melebihi dari capaian yang diraih Malaysia.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia dan Piala AFF 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT

177