Liga Indonesia

Perbandingan Harga Skuat Persija Jakarta vs PSM Makassar, Calon Jawara Liga 1 2018

Minggu, 9 Desember 2018 09:01 WIB
Penulis: Matheus Elmerio Giovanni | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Persija vs PSM Presented by Men's Biore Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT
Persija vs PSM Presented by Men's Biore

INDOSPORT.COM - Jawara kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2018 akan segera ditentukan pada pekan ke-34. Pekan terakhir ini, Persija Jakarta atau PSM Makassar akan segera ditasbihkan sebagai juara.

Melihat terakhir kali kedua tim sepak bola ini menjadi juara Liga Indonesia, memang sudah sangat lama. Seperti Persija Jakarta yang terakhir kali menjadi juara pada tahun 2001.

Sementara PSM Makassar di musim sebelumnya, yaitu pada edisi 1999/2000 mereka menjadi juara Liga Indonesia. Tentu, sudah lebih dari 15 tahun, para pendukung dari kedua tim sangat rindu klub kesayangannya menjadi juara.

Persaingan Persija dan PSM di puncak klasemen musim ini juga tidak lepas dari kontribusi para pemain asing yang mereka miliki di skuat. Persija memiliki lima pemain asing dan PSM dihuni empat legiun asing.

Melihat kuota pemain asing yang dimiliki kedua tim, INDOSPORT pun mencoba mengulik perbandingan harga skuat Persija dan PSM, menurut data statistik sepak bola, Transfermarkt.

Harga Skuat Persija Jakarta vs PSM Makassar

Melihat dari data Transfermarkt, data harga pemain keseluruhan dari kedua tim tidak berbeda jauh.

Pertama, kita ke total harga yang dimiliki oleh skuat Persija secara keseluruhan. Transfermarkt mencatat, Persija memiliki total harga sebesar 3,48 juta euro atau sekitar Rp56,4 miliar.

Uniknya, dari sekian banyaknya pemain bintang di kubu Persija, Jaimerson da Silva tercatat sebagai pemain termahal Persija dengan angka 550 ribu euro atau sekitar Rp9 miliar.

Sementara PSM Makassar, secara mengejutkan tercatat lebih mahal dari Persija secara keseluruhan. Mereka memiliki total harga skuat sebesar 3,83 juta euro atau sekitar Rp62 miliar.

Wiljan Pluim menjadi pemain termahal dalam skuat PSM Makassar, dengan nilai 400 ribu euro atau sekitar Rp6,5 miliar.

Melihat harga total yang masing-masing dimiliki Persija Jakarta dan PSM Makassar, bisa dilihat siapa yang lebih mahal. Sekadar informasi, PSM jauh lebih unggul di lini depan untuk harga pemain.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT

647