Liga Indonesia

Kiprah Perseru Serui yang Lolos 'Lubang Jarum' Degradasi 2 Kali dari Tim Besar

Senin, 10 Desember 2018 12:41 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Sudjarwo/Indosport.com
Skuat Perseru Serui saat mengucap syukur usai memastikan bertahan di Liga 1 musim depan. Copyright: © Sudjarwo/Indosport.com
Skuat Perseru Serui saat mengucap syukur usai memastikan bertahan di Liga 1 musim depan.

INDOSPORT.COM - Gelaran kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 musim 2018 telah resmi berakhir dan menghasilkan klub sepak bola Persija Jakarta sebagai juara di tahun ini.

Selepas berakhirnya kompetisi terdapat sejumlah fakta dan data menarik yang terjadi dan layak untuk dibahas, salah satunya adalah fakta kembali lolosnya Perseru Serui dari zona degradasi selama dua musim berturut-turut.

Seperti diketahui sebelumnya, jika persaingan Liga 1 musim 2018/2019 sangatlah ketat bahkan hingga memasuki pekan terkahir dan mencakup tim-tim papan atas dan papan bawah.

Jika di papan atas Liga 1 2018 Persija dan PSM Makassar harus bertarung demi memperebutkan gelar juara, lain halnya dengan tim penghuni zona bawah seperti Sriwijaya FC, PSMS Medan, PS TIRA, Mitra Kukar, dan Perseru Serui.

Keempat tim tersebut justru saling sikut untuk dapat lepas dari zona merah, dan bertahan di kasta sepak bola tertinggi Indonesia, Liga 1 pada musim depan.

Perseru Serui akhirnya keluar sebagai salah satu pemenang, bersama dengan PS TIRA dengan meraih kemenangan dan lolos dari lubang jarum.

Hasil tersebut pun seolah mengulang kembali memori manis Perseru di musim lalu, di mana tim asal Papua tersebut juga lepas dari zona degradasi di pekan-pekan terakhir.

Uniknya lagi di pertandingan terakhir dalam dua musim terakhir ini, Perseru Serui selalu menaklukan tim berstatus raksasa Liga Indonesia.

Di mana pada Liga 1 musim 2017, Perseru Serui menaklukan Persib Bandung dengan skor 2-0 di Stadion Si Jalak Harupat dan finish di peringkat ke-15 (batas akhir zona degradasi).

Pada musim ini pun Perseru Serui kembali membuat kejutan dengan menaklukan Persipura Jayapura di Stadion Mandala dengan skor yang juga sama, 2-0.

Hasil tersebut membuat Perseru menutup musim di peringkat ke-14 dan kembali bertahan di Liga 1 musim depan.

Terus Ikuti Update Liga 1 dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM

488