Liga Indonesia

Lakoni Laga Piala Indonesia, PSM Makassar 'Ditinggal' Pemain Asingnya

Senin, 10 Desember 2018 19:52 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Lanjar Wiratri
© Wira Wahyu/INDOSPORT
2 Pemain PSM Makassar hanya bisa meratap nasib setelah mengetahui timnya gagal menjadi juara Liga 1 2018. Copyright: © Wira Wahyu/INDOSPORT
2 Pemain PSM Makassar hanya bisa meratap nasib setelah mengetahui timnya gagal menjadi juara Liga 1 2018.

INDOSPORT.COM - Pelatih klub sepak bola Indonesia, PSM Makassar, Robert Rene Alberts, tidak menganggap kompetisi Piala Indonesia sebagai ajang prestisius. Baginya, turmanen sepak bola Piala Indonesia lebih mirip ajang uji coba.

Namun pelatih asal Belanda ini berjanji akan tetap serius melakoni kompetisi tersebut. Rencananya, Pasukan Ramang akan bertemu Persiter Ternate, di babak 64 besar, Sabtu (22/12/18) mendatang. 

"Para pemain jelas ingin menang (juara) di Piala Indonesia. Meski ini bukan turnamen resmi hanya seperti uji coba, tapi saya akan tetap meminta pemain serius," ungkap Robert. 

Robert Alberts kemungkinan besar tak menyertakan para pemain asingnya saat menghadapi Persiter Ternate nanti. Mengingat para pemain asing PSM hampir semua akan merayakan natal dan tahun baru di negeri masing-masing.

Oleh karena itu, Marc Klok, Wiljan Pluim, Steven Paulle, Sandro, dan Guy Junior akan menjalani libur khusus pasca kompetisi Liga 1 2018.

"Para pemain akan beristirahat dan diliburkan dulu setelah menjalani musim yang panjang. Pemain asing akan diliburkan untuk merayakan Natal dan Tahun Baru. Itu sudah menjadi tradisi kami," ujarnya. 

PSM Makassar akan menghadapi dua kompetisi resmi sebelum kembali memulai Liga 1 Indonesia musim 2019. Dua kompetisi tersebut yakni Piala Indonesia dan Piala AFC 2019.

Untuk Piala AFC 2019, Juku Eja bergabung di grup H pada babak penyisihan bersama wakil Filipina, Kaya Iloilo, Lao Toyota wakil Laos  dan Tampine Rovers/Home United, wakil Singapura.

Untuk bisa lolos ke semifinal zona ASEAN, Pasukan Ramang harus menjadi juara grup atau paling tidak menjadi runner-up terbaik. 

Berikut Jadwal PSM di fase grup Piala AFC 2019:
27 Februari; Home United/Tampines Rovers VS PSM Makassar
13 Maret :SM Makassar VS Lao Toyota
2 April : PSM Makassar VS Kaya-Iloilo
17 April : Kaya-Iloilo VS PSM Makassar
30 April : PSM VS Home United/Tampines Rovers
14 Mei : Lao Toyota VS PSM Makassar

Terus Ikuti Berita Sepak Bola PSM Makassar Lainnya di INDOSPORT