Liga Indonesia

Musim 2018 Telah Berakhir, Janji Manis PSSI ke Liga 1 Ternyata Belum Terealisasikan?

Senin, 10 Desember 2018 15:05 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Yohanes Ishak
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Pemain Persija Jakarta saat merayakan kemenangannya. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Pemain Persija Jakarta saat merayakan kemenangannya.

INDOSPORT.COM - Gelaran kompetisi sepak bola kasta tertinggi Liga Indonesia-Liga 1 musim 2018, telah resmi berakhir dan menghasilkan Persija Jakarta sebagai sang jawara di tahun ini.

Namun meski kompetisi telah usai, nyatanya masih banyak sejumlah intrik dan fakta-fakta menarik yang masih sangat layak untuk diperbincangkan.

Seperti diketahui sebelumnya, jika PSSI melalui Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum PSSI, Joko Driyono akan memberikan fasilitas tambahan kepada para wasit di Liga 1 2018 seperti handsfree, vanishing spray, dan papan pergantian elektronik.

"Ya. PT LIB komitmen untuk semua itu dan semua dalam proses, semoga didapatkan dalam waktu segera mungkin," ucap Joko Driyono awal pekan Liga 1 musim 2018 lalu.

Bahkan salah satu wasit yang memimpin pertandingan Liga 1 musim ini, Musthofa Umarella juga turut membenarkan janji yang diucapkan (Plt) Ketua Umum PSSI tersebut.

"Kami akan dilengkapi dengan handsfree, spray, dan papan pergantian elektronik. Namun, mungkin baru diaplikasi pada putaran kedua," ujar Mustafa Umarella.

© INDOSPORT
Alat bantu wasit yang dijanjikan PSSI belum terlihat hingga pekan terakhir Liga 1. Copyright: INDOSPORTAlat bantu wasit yang dijanjikan PSSI belum terlihat hingga pekan terakhir Liga 1.

Namun sayangnya, hingga akhir musim Liga 1 2018 berakhir tak ada satupun alat yang dijanjikan tersebut muncul dan menampakkan dirinya tengah dikenakan para pengadil lapangan.

Pada pertandingan antara Persib Bandung vs Barito Putra pun terlihat jelas jika wasit tak menggunakan handsfree, maupun menyimpan vanishing spray, bahkan papan pergantian pemain pun masih menggunakan manual.

Ditengah maraknya isu pengaturan skor, hingga kompetisi yang dianggap setingan kini citra PSSI semakin dipertanyakan dengan janji yang tampaknya belum juga terealisasikan hingga Liga berakhir.

Terus Ikuti Update Liga 1 dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM