Liga Indonesia

Inilah Kiprah 3 Tim 'Miskin' Liga 1 2018

Minggu, 9 Desember 2018 18:53 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Fitra Herdian/Indosport.com
Skuat Persebaya Surabaya. Copyright: © Fitra Herdian/Indosport.com
Skuat Persebaya Surabaya.

INDOSPORT.COM - Akhirnya Persija Jakarta memastikan dirinya sebagai juara Liga 1 (kasta tertinggi bola Indonesia) 2018, setelah berhasil mengandaskan perlawanan Mitra Kukar 2-1 di pekan terakhir, Minggu (09/12/18).

Hasil ini pun memutuskan drama yang telah berlarut-larut antara PSM Makassar dan Persija Jakarta yang dalam beberapa minggu terakhir saling berjibaku untuk meraih trofi bergengsi ini.

Tentu saja, hal ini pun menjadi sepenggal cerita yang menarik dalam perjalanan Liga 1 2018. Akan tetapi, pada kenyataannya masih terdapat cerita-cerita menarik lainnya yang layak untuk dikulik lebih dalam.

Salah satunya, ialah jumlah gelontoran uang yang dikeluarkan setiap klub perserta Liga 1 pada musim ini. Ya, sudah menjadi rahasia umum bahwa klub-klub Liga 1 pada edisi 2018/19 telah jor-joran mengeluarkan dana yang fantastis untuk mengarungi kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia ini.

Sebut saja Bali United yang menjadi klub termahal Liga 1 2018. Dilansir dari Transfermarkt, klub sepak Serdadu Tridatu memiliki nilai keseluruhan 4,93 juta euro atau sekitar Rp80 milliar. Sedangkan di tempat kedua, terdapat PSM Makassar yang memiliki nilai 3,83 juta euro atau sekitar Rp62 milliar.

Bila berbicara uang, tentu saja klub-klub yang memiliki dana fantastis sudah tidak perlu diragukan lagi kiprahnya dalam mengarungi kompetisi-kompetisi bergengsi di Liga Indonesia.

Akan tetapi, bagaiamana dengan kiprah klub-klub yang minim dana pada musim ini? Maka dari itu portal berita olahraga INDOSPORT coba memaparkan 3 klub 'miskin' Liga 1 2018. Berikut ulasannya:

IDS Emoticon Suka
Suka
8%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
5%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
8%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
35%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
3%
IDS Emoticon Takut
Takut
3%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
5%
IDS Emoticon Marah
Marah
32%