Liga Indonesia

Incar Striker Timnas Eropa, Finansial PSM Makassar Sehat?

Rabu, 12 Desember 2018 19:19 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Isman Fadil
© Reno Firhad Rinaldi/INDOSPORT
Foto skuat PSM Makassar/. Copyright: © Reno Firhad Rinaldi/INDOSPORT
Foto skuat PSM Makassar/.

INDOSPORT.COM - Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts pernah sesumbar mengungkap kondisi keuangan timnya. Itu terjadi beberapa bulan lalu, berulang kali pelatih asal Belanda ini menegaskan bahwa PSM bukan tim yang punya banyak uang untuk membeli pemain kelas dunia seperti tuntutan banyak pihak.

Robert bahkan sempat memprotes pihak manajemen PSM yang belum membayar bonus pemain beberapa bulan lalu. Kejadian itu lalu menjadi ramai dan tak sedikit pihak yang kemudian mengaitkan kondisi keuangan PSM dengan majunya sang bos, Munafri Arifuddin sebagai calon Walikota Makassar.

Kondisi itu hampir serupa dengan apa yang terjadi dengan Sriwijaya FC. Namun bedanya, PSM berhasil finish di peringkat kedua sedangkan Laskar Wong Kito harus mengbur mimpi untuk bersaing di Liga 1 musim depan. Mereka terdegradasi.

"Saya kira tidak perlu menyembunyikan fakta bahwa musim cukup sulit untuk PSM. Kita tahu kenapa, Pak Appi ikut dalam pemilihan Walikota," ujar Robert.

"Tentu saja ini masalah dari segi keuangan klub. Situasi yang hampir sama Sriwijaya, di mana seharusnya mereka menjadi kandidat juara. Namun setelah krisis finansial menimpah mereka, sesuatu yang kita tahu telah terjadi," lanjutnya.

Bagi Robert, PSM Makassar beruntung karena bisa keluar dari peliknya persoalan keuangan klub. "Kita juga tetap mendukung Pak Appi dan meskipun begitu, tim tetap memberikan hasil yang baik," katanya.

Meski demikian pelatih berusia 63 tahun ini tak menampik jika musim  2018 ini adalah yang terberat sepanjang kariernya sebagai pelatih. 

"Saya bisa dengan mudah mengatakan bahwa sepanjang pengalaman saya, musim ini adalah yang tersulit. Tapi kita semua di sini (staf, pelatih, dan pemain) bekerja sama bahu membahu keluar dari situasi sulit dan hasilnya kita hampir juara," ujarnya.

"Setelah hujan akan ada pelangi teman-teman," lanjutnya.

Robert juga mengaku sudah mendapat kepastian dari sang bos, Munafri Arifuddin atau Appi terkait rencana pembangunan tim baru untuk musim depan. Meski tak menyebut lebih rinci, tampaknya Robert sudah mendapat jaminan untuk belanja pemain seperti yang ia inginkan, termasuk mengincar salah satu striker dari benua biru.

"Kita juga sudah diberikan kepastian cukup bagus dari Pak Appi. Ya, banyak hal-hal positif yang akan terjadi ke depannya. PSM Makassar akan memiliki masa depan yang bagus,"jelasnya.

Diberitakan sebelumnya bahwa PSM Makassar, selain mengincar striker asing yang sudah bermain di Liga Indonesia. Konon Robert juga sudah menjalin komunikasi dengan salah satu pemain timnas di Eropa yang masih aktif bermain.

"Saya sudah menjalin komunikasi dengan penyerang Timnas di salah satu negara di Eropa. Dia masih aktiv, bukan mantan pemain Timnas," bebernya.

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Seputar Liga 1 Hanya di INDOSPORT.COM