Liga Indonesia

Sosok Ini Bisa Jadi Magnet Pemain Papan Atas Gabung PSIS Semarang

Rabu, 12 Desember 2018 17:57 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Isman Fadil
© Fitra Herdian/Indosport.com
Skuat PSIS Semarang. Copyright: © Fitra Herdian/Indosport.com
Skuat PSIS Semarang.

INDOSPORT.COM - Klub sepak bola asal Jawa Tengah, PSIS Semarang resmi memperpanjang masa bakti pelatih Jafri Sastra. Juru taktik berusia 53 tahun itu mengikat kerja sama hingga dua musim mendatang.

Banyak pihak menilai manajemen membuat keputusan tepat, mengingat sang juru pelatih punya segudang pengalaman di Liga 1. Sebelumnya, Jafri pernah meracik Mitra Kukar dan Persipura Jayapura di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia sebelum berlabuh ke PSPS Riau dan Persis Solo.

Khusus untuk Mitra Kukar, Jafri pernah membawa tim berjulukan Naga Mekes meraih gelar juara Piala Jenderal Sudirman 2015. Selain itu, pelatih asal Padang tersebut juga pernah membesut Persipura Jayapura di awal Indonesian Soccer Championship (ISC) A 2016.

Tentu, keberadaan pelatih berusia 53 tahun ini bisa menjadi magnet pemain-pemain papan atas untuk merapat ke PSIS. Terutama pemain-pemain bintang Mitra Kukar seperti Bayu Pradana, Septian David Maulana, Dedi Gusmawan, Anindito Wahyu Eminarno yang pernah merasakan tangan dingin Jafri.

CEO PSIS Semarang, AS Sukawijaya atau yang akrab disapa Yoyok Sukawi, tak menampik akan kemungkinan itu. Dirinya memang menyerahkan materi pemain untuk musim depan kepada pelatih kepala.

"Makanya kan banyak pertimbangan mengapa kami memperpanjang kerja sama dengan coach Jafri. Beliau berpengalaman dan tentu punya segudang pemain di Liga 1," kata Yoyok kepada INDOSPORT.com, Rabu (12/12/18).

Sebelumnya, Yoyok mengakui jika di awal musim manajemen sempat kesulitan untuk merekrut pemain, terutama yang sudah malang-melintang di kompetisi kasta tertinggi. Status sebagai tim promosi membuat PSIS belum "menjual" bagi pemain dengan status papan atas.

"Pelatih kepala pasti sudah memiliki gambaran siapa yang diinginkan sesuai kebutuhan tim," tegasnya.
 

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Seputar Liga 1 Hanya di INDOSPORT.COM