Bola Internasional

Kiper Vietnam Pakai Kalung saat Lawan Malaysia, Jimat?

Kamis, 13 Desember 2018 15:40 WIB
Penulis: Rialdi | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Bongda.vn
Kiper Timnas Vietnam, Dang Van Lam. Copyright: © Bongda.vn
Kiper Timnas Vietnam, Dang Van Lam.

INDOSPORT.COM - Sebuah pemandangan menarik tertuju kepada kiper Timnas Vietnam, Dang Van Lam, ketika melawan Malaysia pada leg pertama final Piala AFF 2018 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Selasa (11/12/18).

Ya, dia tertangkap kamera menggunakan kalung dalam sebuah pertandingan. Padahal dalam aturan FIFA, pemain sepak bola dilarang menggunakan aksesoris ketika pertandingan.

Hal itu ditetapkan demi menghindari kemungkinan buruk yang bisa membahayakan sang pemain ataupun lawan main di lapangan.

Kondisi itu pun tentu saja membuat para pendukung Vietnam was-was jika nanti sang kiper mendapat hukuman. Terlebih Dang Van Lam adalah sosok andalan di bawah mistar The Golden Stars.

Namun, menurut mantan wasit Vietnam, Dang Van Lam tidak akan mendapatkan sanksi karena menggunakan kalung di laga melawan Malaysia. Pasalnya, itu terjadi karena kelengahan wasit.

Seharusnya, wasit pada laga itu memperingatkan Dang Van Lam sebelum pertandingan. Andai kiper asal Swedia itu tetap nekat, hukumannya adalah kartu kuning.

"Jika wasit mengetahui Van Lam mengenakan kalung saat bermain, dia memiliki hak untuk mengingatkan dan meminta untuk mencopot. Tapi, jika Van Lam masih sengaja memakai, dia berhak untuk memperingatkan atau mungkin akan menarik kartu kuning," kata mantan wasit Vietnam, dikutip dari portal berita olahraga Bongda.vn.

"Itu bukan kekerasan atau ofensif, jadi tidak ada hukuman untuk kiper," imbuhnya.

Pada pertandingan itu pun, Malaysia dan Vietnam mengakhiri laga dengan skor imbang 2-2. Namun, kedua tim akan kembali bersua pada leg kedua final Piala AFF 2018 di Stadion My Dinh, Sabtu (15/12/18).

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Piala AFF 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT