Liga Indonesia

3 Hal Ini yang Harus Dilakukan Agar Fans Sepak Bola Fanatik Tidak Rusuh

Jumat, 14 Desember 2018 15:23 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Sepak bola merupakan salah satu olahraga paling populer di dunia. Banyak di antara kita yang merupakan fans sebuah tim sepak bola, tidak sedikit juga yang fanatik.

Fans fanatik ialah yang terhubung secara emosional dengan tim mereka. Tidak jarang juga mereka menjadi sangat menyebalkan ketika tim menang, ketima timnya kalah, juga bisa kelewat batas.

Menjadi seorang fans, bahkan yang fanatik, sebenarnya bukan menjadi masalah. Asal, Anda yang merupakan fans fanatik tidak kelewat batas yang membuat Anda mendukung tim kesayangan dengan cara yang salah.

Tidak perlu disebutkan satu per satu, banyak dari kita sudah sering melihat seperti apa akibat dari fans fanatik yang berlebihan secara emosional mendukung tim kesayangan.

Satu saja contohnya, seperti pengeroyokan Jakmania oleh Bobotoh, yang dilakukan di area Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), jelang laga Persib Bandung vs Persija Jakarta, akhir September 2018.

Mengerikan bukan? Oleh karena itu, kali ini INDOSPORT ingin membagikan kepada anda 3 hal yang harus dilakukan oleh fans sepak bola agar tidak bereaksi berlebihan, menurut Professor spesialis Gangguan Emosional dari Universitas Ohio State, Ken Yeagger.