Liga Indonesia

Michael Essien Sarankan 6 Wonderkid Indonesia Ini Main di Luar Negeri

Jumat, 14 Desember 2018 15:27 WIB
Penulis: Rialdi | Editor: Isman Fadil
© Getty Images
Michael Essien saat masing berseragam Real Madrid. Copyright: © Getty Images
Michael Essien saat masing berseragam Real Madrid.

INDOSPORT.COM - Mantan gelandang Real Madrid dan Chelsea, Michael Essien, menilai Indonesia memiliki potensi untuk bermain di luar negeri. Ia pun mencotohkan beberapa nama yang berpotensi berkarier di luar Indonesia.

Dilansir dari Instagram Akmal Marhali, Essien menyebut para pemain Indonesia memiliki potensi untuk maju. Hanya saja, mereka tak berani mengambil langkah untuk meninggalkan rumah.

Mantan pemain Persib Bandung itu pun menyebutkan beberapa nama yang cocok untuk bermain di luar negeri. Salah satunya adalah bintang Timnas Indonesia U-19, Witan Sulaeman.

"Essien menyebut pemain seperti Febri Hariyadi, Septian David, Saddil Ramdani, Witan Sulaeman, Syahrian Abimanyu, Bayu Gatra dan lainnya harus mengembangkan kemampuan ke luar negeri agar bisa mengangkat prestasinya," tulis Akmal.

Hingga saat ini, memang belum banyak pemain Indonesia yang berani berkarier di luar negeri atau mungkin di Eropa. Satu-satunya pemain asli Indonesia yang berani melangkah ke Eropa barulah Egy Maulana Vikri bersama klub Polandia, Lechia Gdansk.

Sementara itu, kesuksesan turut dirasakan beberapa pemain muda yang berani meninggalkan Indonesia untuk bermain di Asia Tenggara. Yanto Basna misalnya, ia kini berhasil direkrut Sukhothai FC (klub Thai-League 1) setelah musim lalu hanya bermain di kasta kedua Thailand, Khon Kaen.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT